Gejala Penyakit Ginjal

by yusri on May 6, 2011

gejala penyakit ginjal gejala penyakit ginjal awal bisa sangat halus, sehingga banyak orang yang tidak sadar menderita penyakit ginjal kronis. Ini dapat berlangsung bertahun-tahun untuk penyakit ginjal kronis atau yang lebih parah hingga gagal ginjal. Beberapa orang dengan penyakit ginjal kronik hidup tanpa pernah mencapai tahap gagal ginjal.

Namun, bagi orang pada setiap tahap penyakit ginjal, pengetahuan adalah kekuatan. Mengetahui gejala penyakit ginjal dapat membantu mendapatkan perawatan yang dibutuhkan demi kesehatan. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki satu atau lebih gejala penyakit ginjal berikut, atau khawatir tentang masalah ginjal, konsultasi dengan dokter untuk tes darah dan urin. Ingat, banyak gejala dapat disebabkan oleh alasan lain daripada penyakit ginjal. Satu-satunya cara untuk mengetahui penyebab gejala penyakit ginjal secara tepat dan efektif adalah konsultasi dengan dokter.

Gejala penyakit ginjal secara umum

Berikut beberapa gejala penyakit ginjal secara umum, namun tidak menutup kemungkinan gejala berikut berasal dari penyakit lain (bukan segabai gejala sakit ginjal)

Gejala 1: Perubahan kencing. Gejala penyakit ginjal ini berkaitan dengan fungsi ginjal sebagai organ ekskresi urin, jadi ketika gagal ginjal, urin bisa berubah. Orang yang penyakit ginjal mungkin harus bangun di malam hari untuk buang air kecil. Urine bisa berbusa atau bergelembung, dimana frekuensi abnormal (bisa lebih banyak atau lebih sedikit), biasanya urin pucat atau mungkin mengandung darah (hematuri). Pada penyakit batu ginjal, terjadi tekanan atau mengalami kesulitan buang air kecil.

Gejala 2: Pembengkakan. Gagal ginjal tidak mengeluarkan cairan tambahan, yang menumpuk dalam tubuh menyebabkan pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, kaki, wajah, dan / atau tangan.

Gejala 3: Kelelahan. Ginjal sehat membuat erythropoietin hormon yang memberitahu tubuh untuk membuat pembawa oksigen sel darah merah. Jika gagal ginjal, eritropoietin lebih sedikit. Dengan lebih sedikit sel darah merah untuk membawa oksigen, otot dan otak menjadi lelah dengan sangat cepat. Kondisi ini disebut anemia.

Gejala 4: Mual dan Muntah. Penumpukan limbah dalam darah (uremia) juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Kehilangan nafsu makan dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Gejala 5: Sakit/nyeri punggung. Beberapa orang dengan masalah penyakit ginjal mungkin akan merasa sakit di bagian belakang atau samping terkait dengan ginjal yang terkena. penyakit ginjal polikistik, yang menyebabkan besar, kista berisi cairan pada ginjal dan kadang-kadang hati, dapat menyebabkan rasa sakit.

Gejala gejala penyakit ginjal yang lain meliputi: Ruam kulit/gatal, rasa metalik mulut/napas amonia, sesak napas, merasa dingin, pusing.

Baca Juga

Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut merupakan salah satu penyakit ginjal yang berada pada kisaran cukup banyak prevalensinya dalam beberapa Negara. Penyebab gagal ginjal [...]

Gagal Ginjal – Renal Failure

Gagal ginjal Pada awalnya mungkin asimtomatik (tidak ada gejala gagal ginjal). Gejala gagal ginjal terkait dengan ketidakmampuan untuk mengatur keseimbangan air [...]

Gejala Hipertensi Yang Tidak Menimbulkan Gejala Klinis

Gejala hipertensi pada umumnya tidak menunjukkan gejala klinis,sudah tahukan Anda? Ya, tekanan darah tinggi biasanya tidak menyebabkan gejala . Orang yang [...]

Batu Ginjal – Pengertian dan Gejalanya

Batu ginjal adalah salah satu fenomena penyakit ginjal yang unik dimana terdapat batu pada ginjal akibat penumpukan kristal atau molekul yang [...]

Kenali Gejala Tipes Karena Tingginya Angka Kematian Bayi Oleh Penyakit Ini

Gejala Tipes terjadi sekitar 3 sampai 60 hari ketika seseorang terinfeksi dengan bakteri Salmonella typhi (S. Thypi) dimana bakteri mulai berkembang [...]

Fungsi Ginjal – Organ Ekskresi

Fungsi ginjal sebagai organ tubuh sangat vital, seperti menyaring darah, menghasilkan hormon, menjaga keseimbanganasam basa, dan sebagainya. Kerja organ yang berbentuk [...]

Cara Cepat Hamil

{ 48 comments… read them below or add one }

andi nurhidayah February 22, 2014 at 10:43 pm

saya sering merasakan sakit pada bagian pinggang seblah kiri, kecing jg kadang sakit, susah tidur, n nafsu makan berkurang. ap saya terkena sakit ginjal???????

Reply

nita February 27, 2013 at 9:34 pm

klo sya ceh beberapa bulan lalu pernah mengalami bengkak mata, dalam sebulan saya 3 kali mengalami. tapi sekarang udah ga,apa itu termasuk gejala ginjal ?

Reply

martiwi January 13, 2013 at 8:50 am

give me value able info how to identify heart attack

Reply

tips kesehatan November 3, 2012 at 4:36 pm

gejala seperti ini perlu diwaspadai agar tidak lebih parah…

Reply

Desi arisandi October 26, 2012 at 10:24 pm

Tolong di jelas kan saya sakit apa

Reply

SHELVY TRIA September 22, 2012 at 10:06 am

saya sering mengalami sakit dibagian punggung sebelah kanan..
dan saya kalau kencing terasa sakit.rasanya mau sesak kencing saja terus tapi keluarnya sedikit-sedikit dan tupun terasa sakit….apa tu termasuk penyakit ginjal and bagaimana cara pengobatannya?

Reply

Leave a Comment