Gemuk, Antara Penampilan dan Kesehatan

by syakur on October 21, 2010

gemuk kegemukan

kegemukan bukan hanya masalah penampilan tapi juga kesehatan

Seorang yang terlalu gemuk bukan hanya terkait dengan masalah penampilan, melainkan juga berkaitan erat dengan masalah kesehatan.

Anda yang sedang membaca artikel ini mungkin saja telah tidak suka dengan penampilan anda sendiri. Tetapi anda harus paham bahwa mengurangi berat badan bukan hanya masalah penampilah yang baik, ini juga tentang bagaimana anda merasa lebih baik dengan menjadi lebih sehat, lebih berproduktif dan nyaman dengan lingkungan anda. Di atas semuanya, ini adalah tentang menghindari resiko kesehatan yang mengerikan ketika anda gemuk. Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa jika Anda gemuk, Anda lebih mungkin mengalami masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, beberapa jenis kanker, gout (nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat berlebihan), dan penyakit kandung empedu. kegemukan juga dapat menyebabkan masalah seperti sleep apnea (pernapasan terganggu saat tidur) dan osteoarthritis (radang sendi), semakin Anda gemuk semakin pula Anda mengalami masalah kesehatan. Sebagai perbandingan, mengurangi berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi efek berbahaya dari kegemukan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dengan kehilangan 5 sampai 10 kg berarti Anda dapat secara dramatis meningkatkan status kesehatan Anda secara keseluruhan, sementara secara signifikan mengurangi risiko penyakit.

Gemuk lebih berisiko terhadap penyakit jantung dan stroke

Penyakit jantung dan stroke adalah salah satu penyebab utama kematian dan cacat bagi masyarakat dunia. Kegemukan lebih cenderung berefek tekanan darah tinggi, salah satu faktor utama untuk jantung dan stroke, dibanding dengan orang yang tidak kelebihan berat badan. Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida juga dapat menyebabkan penyakit jantung dan sering dikaitkan dengan kegemukan. menjadi kelebihan berat badan  juga berkontribusi dengan nyeri dada dan kemtian mendadak akibat penyakit jantung atau stroke. kabar baiknya adalah kehilangan sejumlah berat badan bisa mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung dan stroke.

Gemuk lebih berisiko terhadap diabetes

Noninsulin-dependent diabetes mellitus (diabetes tipe II) adalah jenis yang paling umum dari diabetes di dunia barat. diabetes tipe 2 mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk mengontrol gula darah Anda. Ini adalah penyebab utama kematian dini, penyakit jantung, ginjal, stroke, dan kebutaan. secara statistik terlihat bahwa dengan kegemukan makan akan berisiko 2 kali lipat menderita diebetes mellitus tipe 2 daripada orang yang tidak gemuk.

Gemuk lebih berisiko terhadap kanker

Beberapa kanker mempunyai hubungan dengan kegemukan. pada wanita, termasuk kanker rahim, kanker empedu, leher rahim, indung telur, payudara, usus besar. Sedangkan pada pria yang gemuk berisiko terkena kanker rektum, kolon, dan prostat. untuk beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker kolon, tidak jelas apakah peningkatan resiko ini disebabkan oleh berat badan atau diet tinggi lemak dan kalori , tapi yang tentu saja keduanya sangat berkaitan dengan kegemukan.

Gemuk lebih berisiko terkena sleep apnea

Sleep apnea adalah kondisi serius yang terkait erat dengan kelebihan berat badan. apnea dapat menyebabkan seseorang berhenti bernafas dalam jangka waktu singkat salama tidur dan mendengkur berat. resiko apnea meningkat dengan kegemukan. sekali lagi, penurunan berat badan akan membalikkan resiko ini.

Gemuk meningkatkat resiko terkena osteoartritis

osteoartritis adalah gangguan sendi umum yang paling sering mempengaruhi sendi di lutut, pinggul, dan punggung bawah. kegemukan rupanya meningkatkan resiko osteoartritis dengan menempatkan tekanan ekstra pada sendi ini dan berpotensi mengikis tulang rawan (jaringan bantal sendi) yang biasanya melindungi sendi.
Beberapa penyakit lain selain yang disebutkan diatas juga berkaitan dengan kegemukan, diantaranya Encok dan penyakit kandung empedu.

Jadi sekali lagi bahwa kegemukan tidak hanya masalah penampilan tapi juga masalah kesehatan.
Untuk menurunkan berat badan, jangan menggunakan sembarangan menggunakan obat pelangsing yaa … :)

Related Posts

  1. Khasiat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
  2. Manfaat Utama Olahraga
  3. Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Kita
  4. Jamur Sebagai Pilihan Makanan Kesehatan
  5. Kandungan Gizi Wortel untuk Kesehatan yang Maksimal
  6. Menjaga Kesehatan Wanita

Cara Cepat Hamil

{ 5 comments… read them below or add one }

cara cepat hamil December 10, 2012 at 7:27 pm

penampilan yang menjengkelkan ,dan mengganggu kesehatan juga …….

Reply

tips kesehatan October 21, 2012 at 8:14 am

betul..saya setuju..
gemuk memang sangat tidak enak ,terlebih-lebih penyakit yang akan ditimbulkannya…
thanks infonya :)

Reply

informasi August 1, 2012 at 9:17 pm

gemuk memang sangat tidak enak dari kesehatan dan penampilan :)

Reply

tips kesehatan March 28, 2012 at 12:23 pm

huhhh,,,
gemuk itu tidak baik ,,,
mending biasa-biasa aaja ,,, :)

banyak penyakit + mengurangi rasa PD akibat penampilan yang kurang bagus

makasi banyak infonya :)

Reply

daniel ds October 23, 2011 at 9:29 am

fagsfghh

Reply

Leave a Comment