Gejala Kanker Usus

by alisha on May 18, 2011

gejala kanker usus Gejala kanker usus yang khas dapat dijadikan indikator adanya kanker usus dalam tubuh. Ada beberapa gejala kanker usus yang dapat memberikan gambaran subjektif dari penderita. Jka didapatkan gejala tersebut, biasanya dokter akan melanjutkan dengan pemeriksaan fisik dengan menggali ciri-ciri kanker usus yang terjadi.

Pendarahan dari dubur atau darah dicampur dengan kotoran (feces) adalah gejala yang ditimbulkan oleh kanker usus. Orang umumnya mengira semua perdarahan pada anus adalah wasir, padahal tidak semua karena perdarahan anus bisa juga disebabkan oleh kanker usus, sehingga perlu dilakukan diagnosis dini jika terjadi perdarahan pada anus.

Pendarahan pada rektum jika biasanya menyertai gejala kanker usus, namun ciri-ciri kanker usus biasanya tersembunyi dan kronis, dan akibatnya mungkin muncul anemia kekurangan zat besi. Kekurangan darah (anemia) ini terkait dengan kelelahan dan pucat pada penderita. Untuk mendiagnosis keadaan ini biasanya (walkaupun tidak selalu) tim medis mendeteksi melalui okultisme tinja dan dilakukan tes darah, di mana sampel tinja diserahkan ke laboratorium untuk mendeteksi adanya darah.

Gejala kanker usus – obstruksi usus

Jika kanker cukup besar, mungkin akan sebagian atau seluruh usus akan di blok. Gejala berikut merupakan obstruksi usus :

  • Distensi abdomen: perut menjadi lebih besar dibandingkan sebelumnya tanpa penambahan berat badan.
  • Nyeri perut: jarang terjadi pada kanker usus besar. Salah satu penyebabnya adalahrobekan (perforasi) dari usus. Bocornya isi usus ke dalam panggul bisa menyebabkan peradangan (peritonitis) dan infeksi.
  • Mual atau muntah terus-menerus
  • Perubahan frekuensi atau karakter dari kotoran (buang air besar)
  • Kaliber kecil (sempit)
  • Sensasi evakuasi lengkap setelah buang air besar
  • Nyeri rektal: Nyeri jarang terjadi dengan kanker usus besar dan biasanya menunjukkan tumor besar dalam rektum yang dapat menyerang jaringan di sekitarnya.

Studi menunjukkan bahwa rata-rata durasi gejala (dari awal diagnosis) adalah 14 minggu. Tidak ada hubungan antara durasi keseluruhan gejala dan tahap pada gejala kanker usus. Mengenal ciri-ciri kanker usus dapat membantu untuk pencegahan, sebab seberapa besar langkah promosi kesehatan (utamanya dalam bentuk edukasi) sangat membantu kemajuan kesehatan sebuah Negara.

Semoga artikel tentang “gejala kanker usus” ini bermanfaat bagi anda. Anda dapat mendapatkan artikel artikel kesehatan yang lain di website ini.

Related Posts

  1. Kanker Usus Besar
  2. Kanker Usus Yang Perlu Diwaspadai
  3. Gejala Kanker Serviks
  4. Penyakit Kanker
  5. Kanker Kulit – Bentuk Umum Kanker Pada Manusia
  6. Mengetahui Gejala Hernia

Cara Cepat Hamil

{ 5 comments… read them below or add one }

gita tri suci June 20, 2014 at 3:57 pm

Nama saya gita, saya mengalami sakit perut dibagian pusar, suka mual, dan pinngang saya terasa sakit selang setelah saya bab, bab saya pun cair , tidak seperti biasanya. Itu kenapa yaa? Mohon penjelasannya.. Terimakasih..

Reply

tips kesehatan November 2, 2012 at 8:58 pm

kanker usus berbahaya…

Reply

herman August 2, 2012 at 7:56 am

Perubahan frekuensi atau karakter dari kotoran (buang air besar) maksudnya bagaimana…??? pada gejala kangker usus….

Reply

Vhia July 3, 2012 at 9:57 am

Hy ,..
Que bngung sbnarx q nie skit apa stiap buang air bsar slalu brdara sya sdh alami ini hmpir 1 tahun awlx hnya sdkit tp smkin lma smkin bnyak
dlu sya memang sring mrsakan nyeri dprut ..
Di rektum sya bengkak dan ad yg mnonjol kluar
tlong bntu sya mndiagnosa pnyakit sya

Reply

shodik May 22, 2012 at 1:53 pm

saya punya ka2 umur 5o ka2 sya orangy gemuk permasalahanya pusernya keluar dan keluar darah.

Reply

Leave a Comment