Gejala Cacar Air

by yusri on May 27, 2011

gejala cacar airGejala cacar air muncul 12 sampai 14 hari setelah terpapar terinfeksi. Selama periode inkubasi tujuh sampai 17 hari, penderita terlihat dan merasa sehat dan tidak bisa menulari orang lain. Setelah masa inkubasi, tiba-tiba penderita akan mengalami tanda-tanda umum penyakit cacar seperti flu, demam, merasa tidak nyaman, sakit kepala, lelah, sakit punggung, mual, muntah, dan terkadang diare.

Beberapa hari kemudian, gejala cacar air berupa ruam muncul sebagai karakteristik datar, bintik-bintik merah (lesi). Dalam satu atau dua hari, banyak dari lesi berubah menjadi lepuh kecil berisi cairan jernih (vesikel) dan kemudian dengan nanah (pustula). Ruam muncul pertamadi tangan wajah dan lengan, dan kemudian pada tubuh. Ini biasanya paling nyata pada telapak tangan dan telapak kaki. Lesi juga berkembang dalam selaput lendir hidung dan mulut. Distribusi lesi merupakan ciri khas cacar dan cara utama untuk mendiagnosa penyakit.

Tahap tahap ruam yang terjadi pada gejala cacar air

Gejala cacar air berupa ruam terjadi melalui tiga tahap:

  1. Merah benjolan (papula), yang istirahat di tempat yang berbeda selama beberapa hari
  2. Cairan-diisi lepuh (vesikel), membentuk dari tonjolan mengangkat lebih dari sekitar satu hari sebelum pecah dan bocor
  3. Kerak dan scabs, yang meliputi lepuh pecah dan memakan waktu beberapa hari lagi untuk menyembuhkan

benjolan baru terus muncul selama beberapa hari. Akibatnya, penderita mungkin memiliki semua tiga tahap ruam diatas pada saat yang sama. Setelah terinfeksi penderita dapat menyebarkan virus sampai 48 jam sebelum ruam muncul.

Penyakit ini umumnya ringan pada anak-anak yang sehat. Dalam kasus yang berat, gejala cacar air berupa ruam dapat menyebar untuk menutupi seluruh tubuh, dan luka bisa terbentuk di tenggorokan, mata dan selaput lendir anus uretra, dan vagina. spot baru terus muncul selama beberapa hari.

Segeralah ke dokter jika muncul gejala cacar air

Jika Anda menduga bahwa Anda atau anak Anda memiliki cacar air, konsultasikan dengan dokter Anda. Ia biasanya mudah dapat mendiagnosis dengan memeriksa ruam cacar air dan dengan mencatat adanya gejala yang menyertainya. Dokter Anda juga dapat resep obat untuk mengurangi keparahan dan mengobati komplikasi cacar, jika perlu. Pastikan untuk menelepon dulu untuk janji, untuk menghindari menunggu dan mungkin menginfeksi orang lain di ruang tunggu yang penuh sesak.

Juga, pastikan untuk memberitahu dokter Anda tahu jika ada komplikasi ini terjadi:

  • Ruam menyebar ke mata satu atau keduanya.
  • Ruam menjadi sangat merah, hangat atau tender, yang mengindikasikan kemungkinan infeksi kulit sekunder bakteri.
  • Ruam ini disertai dengan pusing, disorientasi, detak jantung yang cepat, sesak nafas, tremor, kehilangan koordinasi otot, memburuknya batuk, muntah, leher kaku atau demam lebih tinggi dari 103 F (39,4 C).
  • Setiap orang dalam rumah tangga yang kebal kurang atau lebih muda dari 6 bulan.

Yang perlu diperhatikan, jangan panik ketika gejala cacar air ini muncul, segeralah ke dokter Anda.

Related Posts

  1. Penyebab Cacar Air
  2. Cacar Air – Penyakit Anak Yang Klasik
  3. Penyembuhan Cacar Air
  4. Penyebab Cacar Adalah Virus Variola
  5. Ikhtisar Penyakit Cacar
  6. Gejala Campak

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Beriet July 14, 2014 at 1:33 pm

Stands back from the keyboard in amztemena! Thanks!

Reply

tips kesehatan November 4, 2012 at 5:37 pm

gejala cacar air..
thanks infonya :)

Reply

Leave a Comment