Pencegahan Diare Secara Efektif

by yusri on June 1, 2011

pencegahan diare Pencegahan diare merupakan salah satu upaya yang baik dilakukan untuk menghindari gejala diare secara efektif. Cuci tangan terutama saat ingin makan atau aktivitas lain merupakan upaya pencegahan diare agar virus tidak menyebar.

Untuk pencegahan diare yang disebabkan oleh makanan yang tercemar dapat dilakukan beberapa cara, antara lain :

  • Sajikan makanan dimasak atau dipanaskan. Jika belum diolah dinginkan makanan dalam kulkas. Membiarkan makanan pada suhu kamar dapat mendorong pertumbuhan bakteri sehingga dapat dilakukan pencegahan diare.
  • Cuci permukaan alat atau perkakas untuk menghindari penyebaran kuman dari satu tempat ke tempat yang lain.

Selain dari orang ke orang dalam suatu lingkungan, pencegahan diare juga sangat penting dari Negara ke Negara sehingga mencegah penyebaran endemic. Diare biasanya mempengaruhi orang-orang yang bepergian ke negara-negara berkembang, di mana kadang-kadang diare karena sanitasi yang tidak memadai makanan dan air yang terkontaminasi. Untuk mengurangi resiko perhatikan apa sanitasi, makanan dan minuman.

Tindakan pencegahan diare

Banyak kasus diare tersebar dari orang-ke-orang. Tindakan pencegahan diare berikut dapat membantu seorang individu menghindari diare dan infeksi virus atau bakteri lainnya:

  1. merawat anak yang sakit atau orang dewasa dengan hati-hati, mencuci tangan setelah mengganti popok bayi, membantu penggunaan individu kamar mandi, atau membantu individu di sekitar rumah.
  2. Anak-anak harus diinstruksikan untuk mencuci tangan mereka, terutama setelah menggunakan kamar mandi dan ketika ingin makan.
  3. Gunakan perawatan ketika mempersiapkan unggas mentah atau daging. Makanan harus dimasak sampai suhu yang direkomendasikan.
  4. Buah-buahan dan sayuran dikonsumsi mentah harus dibilas dengan air bersih.
  5. Pasteurisasi (mentah) susu yang dapat terkontaminasi dengan bakteri dan selalu harus dihindari. Jus atau sari buah yang tidak di pasteurisasi harus dihindari bahkan jika sumber tersebut tidak diketahui karena buah mungkin telah datang dalam kontak dengan kotoran hewan yang terkontaminasi di kebun.
  6. Hati-hati saat bepergian, terutama ke luar negeri. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selektiflah memilih makanan dan minuman guna pencegahan diare.

Jika Anda perhatikan dan laksanakan tindakan tindakan pencegahan diare diatas maka akan meminimalkan Anda terkontaminasi dengan bakteri atau virus penyebab diare

Related Posts

  1. Pengobatan Diare Mengatasi Diare
  2. Pencegahan Hipertensi Secara Sederhana
  3. Diare Pada Anak
  4. Penyebab Diare Dipengaruhi Oleh Sanitasi
  5. Pencegahan Hepatitis Untuk Setiap Tipe Hepatitis
  6. Diare Dan Penyebabnya

Cara Cepat Hamil

{ 3 comments… read them below or add one }

Pensiuni Rasinari June 30, 2014 at 8:57 pm

Cazare Busteni Pensiuni

Hi, I do think this is an excellent blog. I stumbledupon it ;) I will return once again since i have book marked
it. Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to help other people.

Reply

Telma July 14, 2014 at 1:56 pm

Short, sweet, to the point, FRxelEEact-y as information should be!

Reply

tips kesehatan November 5, 2012 at 6:09 pm

diare memang perlu dicegah secara efektif

Reply

Leave a Comment