Virus Rabies – Rhabdovirus

by yusri on June 2, 2011

virus rabies Virus rabies menyerang otak, menyebabkan peradangan yang parah (ensefalopati) dan kematian jika tidak dirawat. Virus ini sering disebut virus rabies (rhabdovirus). Virus rabies merupakan virus RNA bagian dari keluarga virus yang disebut Rhabdoviruses. Tampaknya ada beberapa variasi dari virus rabies penyebab rabies.

Vaksin rabies

Bagaimana Virus Rabies Menular? Dalam hampir semua kasus rabies, virus memasuki tubuh melalui air liur hewan yang terinfeksi, biasanya dengan menggigit, tetapi juga dapat menular jika air liur yang terinfeksi masuk ke luka terbuka atau percikan ke dalam selaput lendir seperti yang di mata , hidung, atau mulut. Dari titik air liur itu masuk, virus rabies bergerak sepanjang sel-sel saraf ke otak, hal ini dapat menjadi sangat fatal ketika virus rabies ini menyerang system saraf pusat. Siklus diulang ketika hewan menggigit orang atau hewan lain, sehingga vaksin rabies biasanya dilakukan untuk memutuskan mata rantai siklus ini.

Hanya mamalia sebagai perantara penularan virus rabies

Walaupun semua spesies mamalia bisa terinfeksi dengan virus rabies, hanya beberapa spesies yang paling mampu menyebarkan virus ke hewan lain. Spesies ini termasuk anjing, kalelawar, rubah, dll. Perlu diketahui bahwa hanya mamalia yang dapat menjadi hewan perantara penyebab rabies. Burung, reptil, amfibi, dan ikan tidak dapat menyebarkan virus rabies.

Bagaimana masa inkubasi virus rabies? Ketika binatang terinfeksi virus rabies, virus mengalikan dalam tubuh sampai menghasilkan gejala. Masa antara infeksi dan timbulnya gejala dikenal sebagai masa inkubasi. Masa inkubasi rabies mungkin bervariasi dari beberapa hari sampai beberapa tahun, namun biasanya berlangsung satu sampai tiga bulan.

Apa Saja Gejala Virus Rabies? Ketika virus rabies mencapai otak, akan berkembang biak cepat dan gejala rabies dimulai. binatang fanatik mungkin menjadi agresif dan ganas, menyebabkan lesu dan lemah. Pada umumnya orang, awal gejala rabies akan di dapatkan demam, sakit kepala, dan kelelahan biasanya diikuti oleh kebingungan, agitasi, halusinasi, dan kelumpuhan. Setelah gejala rabies mulai, penyakit ini hampir selalu berakibat fatal. Vaksin rabies merupakan salah satu cara tepat agar mengurangi penyebaran virus rabies penyebab rabies.

Related Posts

  1. Gejala Rabies Berdasarkan Keluhan
  2. Rabies – Infeksi Akut Pada Sistem Saraf Pusat
  3. Virus HIV (Human Immunodeficiency virus)
  4. Penyebab Cacar Adalah Virus Variola
  5. Virus Influenza
  6. Virus Campak : Sejarah, Komplikasi dan Kasus

Cara Cepat Hamil

{ 1 comment… read it below or add one }

tips kesehatan November 5, 2012 at 6:17 pm

thanks infonya :)

Reply

Leave a Comment