Gejala Maag Kronis

by alisha on June 5, 2011

gejala maag kronis Gejala Maag kronis dapat disebabkan oleh iritasi lama dari penggunaan obat anti-inflammatory drugs (NSAID), infeksi bakteri Helicobacter pylori, anemia pernisiosa (suatu gangguan autoimun), degenerasi lapisan perut (terutama mereka yang telah berusia lebih), atau refluks empedu kronis . Gejala sakit maag kronis antara lain menyebabkan sakit perut atas (mungkin diperparah dengan makan), gangguan pencernaan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah (kadang disertai darah), buang air besar biasanya disertai darah.

Pada gejala maag kronis ditunjukan lebih ringan, seringkali gejala menjadi samar, seperti tidak toleran terhadap makanan pedas atau berlemak atau nyeri ringan yang akan hilang setelah makan. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah gejala sakit maag kronis muncul, antara lain konsumsi makanan yang lunak/lembut, hindari makanan yang mengiritasi lambung (seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan aspirin), jangan terlambat makan atau makan berlebihan, makan sedikit-sedikit tapi sering, usahakan buang air besar secara teratur.

Pemeriksaan Penunjang Untuk Gejala Maag Kronis

Banyak orang dengan maag kronis tidak menunjukkan gejala kondisi. Maka dari itu untuk mendiagnosis pasti gejala maag kronis terkadang diperlukan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan yang biasanya dilakukan oleh tim medis antara lain hitung darah lengkap (CBC) untuk menunjukkan anemia, EGD (esophagogastroduodenoscopy) dan biopsi menunjukkan maag, uji feses guaiac untuk memeriksa darah di tinja, serta pemeriksaan lainnya.

Pengobatan tergantung pada penyebab yang spesifik serta gejala maag kronis yang timbul. Beberapa penyebab akan hilang dari waktu ke waktu. Terdapat beberapa obat yang dapat menyebabkan maag, sehingga beberapa obat tersebut harus dihentikan ketika menderita gejala maag kronis. Obat untuk menetralkan asam lambung atau penurunan produksi biasanya akan menghilangkan gejala sakut maag kronis dan mempercepat penyembuhan. Antibiotik digunakan untuk mengobati maag kronis yang disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori. Sedangkan maag yang disebabkan oleh anemia pernisiosa diobati dengan vitamin B12.

Kita tidak bisa mengenali tingkat keparahan maag hanya dengan mengamati gejalanya. Pasalnya, setiap orang memiliki sensitivitas dan psikis yang berbeda. Ada orang yang lambungnya hanya kemerahan sedikit saja tetapi merasakan sakit yang luar biasa. Sebaliknya, ada yang tetap dapat bekerja dan menjalankan aktivitasnya seperti biasa, padahal lambungnya sudah luka parah. gejala maag kronis tidak bisa digunakan sebagai acuan keparahan sakit maag.

Related Posts

  1. Maag Kronis
  2. Gejala Maag
  3. Pantangan sakit maag
  4. Mengatasi Sakit Maag
  5. Penyebab Maag
  6. Maag dan Obatnya

Cara Cepat Hamil

{ 7 comments… read them below or add one }

Rita riana March 25, 2013 at 1:32 pm

Obat maag yang paling mujarap apa y s0al ny sudah 2 sya mengIdap pnyakit maag

Reply

tips kesehatan November 5, 2012 at 6:48 pm

gejala maag kronis yang perlu diwaspadai

Reply

iiprifin April 26, 2012 at 11:30 pm

tanpa obat………… dg terapi tusuk jarum akupunkur jnsya allah maag bisa sembuh untuk info hub;082110005550

Reply

nadya April 23, 2012 at 2:41 pm

saya juga gastritis kronis (maag kronis), alhamdulillah sejak konsumsi gamat gold sekarang sudah pulih

Reply

winie November 22, 2011 at 12:51 pm

obat nya maag biar ga kambuh lagi apa ya??? n q kan susah Bab jadi pake oabat apa ya biar lanacar bab ????

Reply

dewi October 2, 2011 at 8:38 am

apa obat tradisional untuk maag ?

Reply

nadya April 23, 2012 at 2:41 pm

gamat gold sangat cepat, banyak di pasaran

Reply

Leave a Comment