Gejala ISPA

by yusri on June 15, 2011

gejala ispa Gejala ISPA sangat banyak ditemukan pada kelompok masyarakat di dunia, sebab penyebab ISPA merupakan salah satu hal yang sangat akrab di masyarakat. ISPA merupakan infeksi akut yang disebabkan oleh virus meliputi infeksi akut saluran pernapasan bagian atas dan infeksi akut saluran pernapasan bagian bawah. ISPA menjadi perhatian bagi anak-anak (termasuk balita) baik dinegara berkembang maupun dinegara maju karena ini berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Anak-anak dan balita akan sangat rentan terinfeksi penyebab ISPA karena sistem tubuh yang masih rendah, itulah yang menyebabkan angka prevalensi dan gejala ISPA sangat tinggi bagi anak-anak dan balita.

Selain karena angka prevalensi atau kasusnya terbanyak, ISPA masih merupakan masalah kesehatan yang penting karena menyebabkan kematian bayi dan balita yang cukup tinggi (berdasarkan referensi rasio 1 diantara 4 bayi).

Klasifikasi dan Gejala ISPA

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa ISPA terdiri dari infeksi akut saluran pernapasan bagian atas dan infeksi akut saluran pernapasan bagian bawah. infeksi akut saluran pernapasan bagian atas seperti rhinitis, faringitis, dan otitis sedangkan infeksi akut saluran pernapasan bagian bawah seperti laryngitis , bronchitis, bronkhiolitis, pneumonia. Pembagian ini berdasarkan posisi anatomis yang dipisahkan oleh epiglottis.

Infeksi pada saluran pernapasan menjalar ke paru-paru, dan menyebabkan sesak atau pernapasan terhambat, oksigen yang dihirup berkurang, menjadi kejang bahkan bila tidak segera ditolong bisa menyebabkan kematian. Gejala ISPA sangatlah umum bagi kita, karena gejala ISPA layaknya penyakit yang sehari-hari kita alami. Gejala ISPA utamanya pada anak dapat dikenali dengan melihat antara lain adanya flu, batuk, demam dan sesak nafas.

Apabilaseseorang sudah positif terserang ISPA, sebaiknya kita merekomendasikan kepada penderita untuk tidak memberikan makanan yang dapat merangsang rasa sakit pada tenggorokan, misalnya makanan atau minuman yang mengandung bahan pewarna, pengawet dan makanan yang terlalu manis. Selain itu juga harus meninggalkan minuman dingin atau es. Bersin, batuk bedahak dan ingus atau lendir yang ke luar dari hidung sebenarnya merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh untuk melawan bakteri dan kuman yang masuk ke dalam saluran pernapasan.

Related Posts

  1. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) Pada Anak-Anak
  2. Pengobatan ISPA – Infeksi Saluran Pernapasan Akut
  3. Pencegahan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)
  4. Penyebab ISPA
  5. Gejala Campak
  6. Mengenal Gejala–Gejala Penyakit Kaki Gajah

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

tips kesehatan November 5, 2012 at 7:35 pm

ini dia gejala ISPA yang perlu kita ketahui..
thanks infonya :)

Reply

PusKel June 15, 2011 at 10:36 pm

Dengan mengetaui secara dini gejalanya , maka bisa ditangani segera keluhannya dengan tepat dan akurat.
Terimakasih sudah berkenan berbagi.
SALAM Kenal dari Kendari. 8)

Reply

Leave a Comment