Penyebab Tetanus – Bakteri Clostridium Tetani

by yusri on June 20, 2011

penyebab tetanus Penyebab Tetanus oleh Bakteri yang dikenal dengan nama Clostridium tetani, hidup dan berkembang pada tanah, debu, kotoran hewan, dsb. Luka yang terkontaminasi adalah mata rantai di mana bakteri tetanus berkembang biak. Luka tusuk seperti yang disebabkan oleh paku, pecahan, atau gigitan serangga adalah kasus klasik penyebab tetanus yang banyak menginfeksi. Bakteri juga dapat tertular melalui luka bakar, luka injeksi, dll.

Tetanus juga bisa menjadi bahaya untuk kedua ibu dan anak yang baru lahir (melahirkan dan melalui tunggul tali pusar). Racun kuat yang dihasilkan ketika bakteri tetanus berkembang biak adalah penyebab utama penyakit ini. Gejala tetanus yang ditimbulkan secara umum adalah kejang.

Penyebab Tetanus : Kerusakan Pada Tubuh

Toksin tetanus mempengaruhi mata rantai interaksi antara saraf dan otot. Daerah ini disebut sambungan neuromuskuler. Penyebab tetanus dapat mengeluarkan toksin tetanus sehingga memperkuat sinyal kimia dari saraf ke otot, yang menyebabkan otot-otot untuk memperketat kontraksi atau spasme. Hal ini mengakibatkan baik kejang otot lokal atau umum.

Toksin Tetanus dapat mempengaruhi neonatus menyebabkan kejang otot. Ini biasanya terjadi dalam dua minggu pertama setelah kelahiran dan dapat dikaitkan dengan metode sanitasi yang buruk dalam merawat tunggul tali pusat dari neonatus. Dari catatan, karena program vaksinasi tetanus, hanya tiga kasus tetanus neonatal dilaporkan sejak tahun 1990, dan dalam setiap kasus adalah ibu-ibu yang tidak lengkap di imunisasi tetanus toksoid.

Clostridium tetani adalah jenis bakteri yang bertanggung jawab untuk penyakit tetanus. Bakteri penyebab tetanus ini ditemukan dalam dua bentuk: sebagai spora (aktif) atau sebagai sel vegetatif (aktif) yang dapat berkembang biak. Sel bakteri aktif merilis dua exotoxins, tetanolysin dan tetanospasmin. Fungsi tetanolysin tidak jelas, tetapi tetanospasmin bertanggung jawab untuk penyakit tetanus.

Penyakit ini biasanya berupa cedera akut yang menghasilkan lesi di kulit. Kebanyakan kasus hasil dari tusukan luka, laserasi (terpotong), atau abrasi (terkikis). Gejala tetanus akan semakin berat jika tanpa ada penatalaksanaan bagi penderita. Tetanus bisa terjadi pada orang yang tidak diimunisasi atau pada orang yang telah gagal untuk mempertahankan kekebalan tubuh.

Related Posts

  1. Tetanus : Sejarah, Pengertian dan Penyebabnya
  2. Gejala Tetanus : Kaku dan Kejang Otot
  3. Pengobatan Tetanus Serta Pencegahannya
  4. Bakteri Dan Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat
  5. Imunisasi Tetanus Toksoid
  6. Vaksin Tetanus

Cara Cepat Hamil

{ 1 comment… read it below or add one }

tips kesehatan November 5, 2012 at 7:43 pm

penyebab oleh bakteri yang mengerikan…

Reply

Leave a Comment