Malaria : Pengertian, Sejarah dan Penyebaran Penyakit

by yusri on June 25, 2011

penyakit malaria Malaria merupakan peyakit yang sangat dikenal oleh masyarakat dengan jumlah kasus yang cukup banyak. Pengertian Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit yang dikenal dengan Plasmodium, dimana ia menginfeksi sel-sel darah merah. Malaria ini ditandai dengan siklus menggigil, demam, sakit, dan berkeringat. Catatan sejarah menunjukkan manusia yang terjangkit malaria sejak awal umat manusia. Kata Malaria disebut berasal dari bahasa italia yang berarti "udara buruk" pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris tahun 1740 oleh H. Walpole saat menjelaskan penyakit malaria ini.

Pada 1889, R. Ross menemukan bahwa nyamuk malaria ditransmisikan. Dari empat spesies umum yang menyebabkan penyakit malaria, jenis yang paling serius adalah malaria Plasmodium falciparum. Hal ini dapat mengancam jiwa. Namun, spesies lain yang relatif baru seperti Plasmodium knowlesi, juga merupakan spesies berbahaya yang biasanya hanya ditemukan pada kera ekor panjang dan kuncir. Seperti P. falciparum, P. knowlesi dapat mematikan kepada siapa pun terinfeksi. Tiga lainnya jenis umum malaria (P. vivax, P. malariae, dan P. ovale) yang umumnya kurang serius dan biasanya tidak mengancam jiwa. Hal ini dimungkinkan untuk terinfeksi dengan lebih dari satu spesies Plasmodium pada waktu yang sama.

Penyebaran penyakit Malaria

Saat ini, sekitar 2 juta kematian per tahun di seluruh dunia karena infeksi Plasmodium. Sebagian besar terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun di negara-negara Afrika sub-Sahara. Ada sekitar 400 juta kasus baru per tahun di seluruh dunia. Di Amerika, kebanyakan orang didiagnosis terinfeksi malaria yang diperoleh dari luar negeri, biasanya ketika tinggal atau melakukan perjalanan melalui daerah dimana merupakan kawasam endemik penyakit malaria.

Penyakit malaria merupakan masalah kesehatan utama di banyak daerah tropis dan subtropis. Diperkirakan bahwa ada 300-500 juta kasus malaria setiap tahun, dan lebih dari 1 juta orang meninggal. Ini menyajikan bahaya penyakit utama bagi wisatawan untuk iklim hangat. Di beberapa wilayah di dunia, nyamuk yang membawa malaria telah mengembangkan resistensi terhadap insektisida, sedangkan parasit telah mengembangkan resistensi terhadap antibiotik. Hal ini mengakibatkan kesulitan dalam mengendalikan baik tingkat infeksi dan penyebaran penyakit malaria ini.

Related Posts

  1. Penyebab Malaria – Plasmodium
  2. Upaya Pencegahan Malaria
  3. Mengenal Gejala Malaria
  4. Pengobatan Malaria
  5. Tetanus : Sejarah, Pengertian dan Penyebabnya
  6. Pengertian, Gejala, Jenis dan Manajemen Penyakit Hernia

Cara Cepat Hamil

{ 3 comments… read them below or add one }

tips kesehatan November 5, 2012 at 8:17 pm

informasi tentang malaria sangat lengkap..

thanks infonya :)

Reply

zhuzhy tety April 25, 2012 at 9:21 pm

trimah kasih
info kesehatannya sangat maembatu
kami selaku siswa SMK KESEHATAN AMBON
zmoga ada terbitan yang baru lagi……..

:)
……..
SMK KESEHATAN AMBON

Reply

Endah Kiswati December 21, 2011 at 9:21 am

Trimakasih atas info penyakit malaria. Tolong di kirim penyakit malaia di almat e-mail saya Trimakasih banyak Atas bantuannya.

Reply

Leave a Comment