Mengenal Gejala Malaria

by yusri on June 25, 2011

gejala malaria: Anemia Gejala malaria yang umumnya dapat timbul antara lain kedinginan, demam, berkeringat, sakit kepala, mual, muntah, nyeri otot, anemia, perdarahan pada anus, jaundice/ikterus (penyakit kuning), kedinginan, kejang dan koma. Perlu diketahui bahwa berbagai jenis malaria masing-masing membawa komplikasi sendiri, hal ini akan dijelaskan nanti.

Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit yang dikenal dengan Plasmodium. Ketika seseorang terinfeksi parasit tersebut, seseorang akan mengembangkan gejala penyakit malaria yang biasanya berupa demam tinggi, datang dan pergi setiap hari atau beberapa hari. Seberapa sering demam datang kembali bervariasi tergantung masing-masing spesies malaria.

Banyak infeksi tidak menunjukkan pola klasik (demam) sama sekali. Pada banyak orang infeksi gejala malaria akan tampak lebih seperti flu dengan demam tinggi dan nyeri tubuh. Sebagian orang juga akan mengeluh sakit kepala, mual, menggigil (kedinginan), berkeringat, dan kelemahan.

Ketika infeksi berlangsung kurang parah, penderita tampak sembuh. Namun infeksi dapat bertahan pada banyak orang selama beberapa tahun, terutama untuk mereka yang memiliki sejarah panjang terkena gejala malaria. Orang-orang dapat mengembangkan kekebalan tubuh dan mungkin terinfeksi selama bertahun-tahun sementara hanya jarang mengalami gejala penyakit malaria.

Berbagai Gejala Malaria Berdasarkan Jenis Serta Komplikasinya

Jenis jenis malaria bermacam macam , gejala penyakit malaria yang timbul pada tiap jenis gejala malaria tersebut berbeda beda. berikut ini gejala malaria berdasarkan jenis jenis penyakit malaria.

  • Plasmodium falciparum: penderita dapat mengembangkan anemia hemolitik berat (sel-sel darah merah benar-benar rusak), gagal ginjal, koma, dan kematian. Pengobatan keadaan darurat medis, resistensi obat telah menyebar luas. Informasi saat ini terhadap pola penyakit, pencegahan untuk wisatawan, dan resistensi obat selalu dapat ditemukan melalui Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Malaria.
  • Plasmodium ovale: Jenis ini juga dapat menyebabkan anemia, tetapi infeksi ini jarang mengancam kehidupan.
  • Plasmodium vivax: Gejala malaria pada malaria yang disebabkan oleh plasmodium vivax adalah penderita dapat mengembangkan anemia dan pecahnya limpa, yang bisa menjadi hidup terancam. Orang dengan Plasmodium vivax atau Plasmodium ovale mungkin kambuh beberapa bulan setelah sakit awal. Hal ini harus diberantas dengan pengobatan medis.
  • Plasmodium malariae: Infeksi ini jarang mengancam kehidupan, tapi penyakit yang lama dapat menyebabkan gagal ginjal. Jika tidak diobati, infeksi ini dapat bertahan sepanjang hidup penderita.

Related Posts

  1. Malaria : Pengertian, Sejarah dan Penyebaran Penyakit
  2. Pengobatan Malaria
  3. Penyebab Malaria – Plasmodium
  4. Upaya Pencegahan Malaria
  5. Mengenal Gejala–Gejala Penyakit Kaki Gajah
  6. Mengenal Bentuk dan Gejala Kusta / Lepra

Cara Cepat Hamil

{ 1 comment… read it below or add one }

tips kesehatan November 2, 2012 at 8:59 pm

thanks infonya :)

Reply

Leave a Comment