Mengenal Bentuk dan Gejala Kusta / Lepra

by yusri on July 1, 2011

gejala lepra - gejala kusta Gejala Kusta / Lepra / Morbus Hansen di suatu komunitas masyarakat adalah hal yang sangat ramai dibicarakan, bagaimana tidak gejala lepra / Kusta dapat membuat penderitanya menjadi cacat sehingga mengakibatkan aktifitas sosial mereka menurun. Ketika seseorang terinfeksi dengan bakteri yang menyebabkan lepra (Mycobacterium leprae), bakteri mulai berkembang biak dalam tubuh. Setelah tiga sampai lima tahun, gejala lepra / kusta / morbus hansen biasanya akan dimulai. Periode antara terinfeksi dan gejala awal disebut sebagai masa inkubasi lepra / kusta / hansen. Masa inkubasi biasanya antara tiga hingga lima tahun, namun pada beberapa kasus dapat berkisar dari enam bulan sampai beberapa dekade.

Lepra biasanya mempengaruhi saraf kulit dan perifer, sehingga pengobatan gejala lepra apabila ditemukan merupakan hal yang penting untuk segera dilakukan. Namun, setelah seseorang mulai mengalami gejala, mereka dapat berkisar dalam jenis dan tingkat keparahan yang berbeda. Gejala penyakit lepra / kusta / morbus hansen juga dapat bervariasi berdasarkan bentuk lepra. Bentuk lepra / kusta / hansen ada yang dikenal dengan lepra tuberkuloid dan lepra lepromatosa (orang sering menyebutnya dengsan sebutan lepra saja).

Gejala Lepra Tuberkuloid dan Lepra Leprometosa

Lepra tuberkuloid (juga dikenal sebagai lepra paucibacillary) adalah bentuk ringan dari penyakit lepra / penyakit kusta / penyakit morbus hansen. Gejala lepra / gejala kusta awal dapat mencakup satu atau sedikit bercak merah pada kulit yang muncul pada ekstremitas. Ini mungkin berhubungan dengan penurunan sensasi sentuhan ringan di daerah ruam.

Gejala lepra tuberkuloid yang lainnya dapat mencakup kelemahan otot (terutama di tangan dan kaki), kaku pada kulit dan kekeringan, kehilangan (cacat) jari tangan dan kaki pada kasus yang kronis tanpa pengobatan, masalah pada mata yang menyebabkan kebutaan, dan pembesaran saraf terutama di sekitar siku (saraf ulnaris) dan lutut (saraf peroneal).

Untuk lepra lepramatosa (juga dikenal sebagai multibacillary lepra) adalah bentuk parah penyakit lepra. Gejala penyakit kusta / lepra untuk jenis ini dapat termasuk ruam kulit simetris lebih sering ditemukan pada wajah, telinga, pergelangan tangan, siku, lutut hingga bokong. Gejala penyakit lepra lepromatosa lain dapat termasuk penipisan alis dan bulu mata, kulit wajah kental, hidung tersumbat, laryngitis, pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan dan ketiak, jaringan parut pada testis yang mengarah ke infertilitas, pembesaran payudara laki-laki (ginekomastia).

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua pasien lepra / kusta kehilangan jari tangan dan jari kaki. Dengan diagnosis dini dan pengobatan gejala lepra, banyak dari kasus penyakit ini dapat dicegah. Beberapa pasien dengan penyakit tuberkuloid bahkan dapat menyembuhkan diri sendiri tanpa manfaat pengobatan. Dalam rangka untuk mencegah masalah dengan jari tangan atau kaki, orang harus menghindari cedera dan infeksi, selain itu penting untuk mengkonsumsi obat yang ditentukan oleh dokter.

Related Posts

  1. Pengantar Pengobatan Kusta / Lepra / Morbus Hansen
  2. Artikel Kesehatan Seputar Lepra / Kusta / Morbus Hansen
  3. Mengenal Gejala–Gejala Penyakit Kaki Gajah
  4. Mengenal Gejala Malaria
  5. Gejala Asam Urat
  6. Kanker Kulit – Bentuk Umum Kanker Pada Manusia

Cara Cepat Hamil

{ 1 comment… read it below or add one }

tips kesehatan November 5, 2012 at 8:34 pm

kusta yang mengerikan..

Reply

Leave a Comment