Mengetahui Apa Saja Penyebab Disentri

by yusri on July 5, 2011

penyebab disentri Penyebab Disentri yang paling umum adalah tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum atau tidak mencuci tangan sebelum makan. Cukup simple memang untuk penyebab disentri sebagai kasus klasik, tapi itulah kenyataannya. Secara garis besar penyebabpenyakit disentri sangat erat kaitannya dengan kebersihan lingkungan dan kebiasaan hidup bersih.

Bakteri penyebab penyakit disentri antara lain kontak dengan bakteri Shigella dan beberapa jenis Escherichia coli (E. coli). Penyebab lain bakteri yang kurang umum dari diare berdarah termasuk infeksi Salmonella dan Campylobacter. Untuk jenis penyakit disentri amoeba, disebabkan oleh parasit Entamoeba histolytica (silahkan baca artikel kami sebelumnya untuk disentri amoeba).

Mikroorganisme penyebab disentri baik itu berupa bakteri maupun parasit menyebar dari orang ke orang. Hal yang sering terjadi penderita menularkan anggota keluarga untuk menyebarkannya ke seluruh anggota keluarga yang lainnya. Infeksi oleh mikroorganisme penyebab disentri ini dapat bertahan dan menyebar untuk sekitar empat minggu.

Disentri juga dapat menyebar melalui makanan yang terkontaminasi. Negara miskin yang memiliki sistem sanitasi yang tidak memadai menunjukkan angka yang tinggi untuk kejadian kasus penyakit disentri. Frekuensi setiap patogen penyebab penyakit disentri bervariasi di berbagai wilayah dunia. Sebagai contoh, Shigellosis yang paling umum di Amerika Latin sementara Campylobacter adalah bakteri yang dominan di Asia Tenggara. Disentri jarang disebabkan oleh iritasi kimia atau oleh cacing usus.

Mikroorganisme Penyebab Disentri

Disentri Amoeba (amoebiasis) disebabkan oleh parasit protozoa yang dikenal dengan nama Entamoeba histolytica. Amuba bisa eksis untuk jangka waktu yang lama di usus besar (kolon). Pada sebagian besar kasus, amoebiasis tidak menimbulkan gejala (hanya sekitar 10% dari individu yang terinfeksi). Hal ini jarang kecuali di zona tropis dunia, di mana penyakit ini sangat lazim. Orang dapat terinfeksi setelah menelan kotoran yang mengandung parasit kemudian di ekskresikan seseorang.

Orang-orang berisiko tinggi tertular parasit melalui makanan dan air jika terkontaminasi atau tercemar oleh limbah. Parasit juga dapat masuk melalui mulut ketika tangan di cuci dalam air yang terkontaminasi. Jika orang mengabaikan untuk mencuci dengan benar sebelum menyiapkan makanan, makanan dapat terkontaminasi. Buah-buahan dan sayuran bisa terkontaminasi jika dicuci dalam air tercemar atau ditanam di tanah yang telah dipupuk oleh limbah manusia.

Untuk mikroorganisme penyebab disentri bakteri Shigella dan Campylobacter, merupakan penyebab penyakit disentri bacilliary yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Mereka menembus lapisan usus, menyebabkan pembengkakan, ulserasi, dan diare parah yang mengandung darah dan nanah. Kedua infeksi disebarkan oleh konsumsi makanan yang terkontaminasi tinja dan air. Jika orang tinggal atau melakukan perjalanan di wilayah di mana kemiskinan atau kepadatan dapat mengganggu kebersihan dan sanitasi, mereka beresiko terkena bakteri invasif. Anak-anak (usia 1 sampai 4) hidup dalam kemiskinan yang paling mungkin untuk kontak Shigellosis, campylobakteriosis, atau salmonellosis.

Related Posts

  1. Mengenal Penyakit Hingga Penyebab Disentri
  2. Infeksi Penyakit Disentri Amoeba
  3. Mengetahui Penyebab Kudis
  4. Diare Pada Anak
  5. Penyebab Kolera dan Penularannya
  6. Kenali Penyebab Tipes !

Cara Cepat Hamil

{ 3 comments… read them below or add one }

tips kesehatan November 5, 2012 at 8:50 pm

mikroorganisme penyebab disentri perlu dibasmi..

Reply

madan May 28, 2012 at 1:53 pm

susah ne sakit perut

Reply

uut July 7, 2011 at 6:44 pm

Desentri penyakit yg tidak menjaga kebersihan lingkungan,,,dan diri sendiri,

Reply

Leave a Comment