Tips Mengatasi Keluhan Kehamilan

 terutama lantaran perubahan fisik yang dialami Tips Mengatasi Keluhan Kehamilan
Ibu Hamil tentu sering mengalami bermacam-macam keluhan, terutama lantaran perubahan fisik yang dialami. Keluhan ini merupakan hal yang umum terjadi, dan bahkan hampir semua Ibu Hamil akan mengalaminya. Selain faktor perubahan fisik, keluhan Kehamilan juga dipengaruhi lantaran perubahan hormon ketika hamil. Salah satunya yaitu Hormon progesteron yang memicu dinding pembuluh darah melebar. Kondisi ini akan menimbulkan terjadinya penurunan tekanan darah dan menciptakan ibu hamil sering merasa pusing.

Pada Artikel ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memperlihatkan beberapa tips untuk mengatasi bermacam-macam keluhan kehamilan yang sering dialami Ibu Hamil yang diataranya adalah:

Mengatasi Pusing pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi pusing pada Ibu Hamil yaitu dengan mengetahui terlebih dulu penyebabnya. Apabila rasa pusing disebabkan lantaran faktor hormonal, penanganannya cukup dengan tidur dan menghindari stres. Namun apabila rasa pusing disebabkan lantaran anemia atau hipertensi, maka harus diatasi dengan meminum obat yang kondusif untuk ibu hamil dan sebaiknya mengikuti resep dokter.

Mengatasi Mual dan Muntah pada Ibu Hamil

Hampir 50% - 70% Ibu Hamil akan mencicipi mual dan muntah, bahkan kadang disertai juga  pegal, pusing dan meriang. Gejala yang sering disebut Morning sickness ini terjadi lantaran plasenta berkembang dan menghasilkan hormon HCG . Hormon inilah yang menimbulkan sering terjadi mual dan muntah melalui rangsangan terhadap otot dari poros lambung.

Adapun cara Mengatasi Mual dan Muntah pada Ibu Hamil yaitu dengan sering mengkonsumsi snack ringan menyerupai crackres, camilan elok beras, atau sebatang coklat. Makanlah ini juga dapat bunda konsumsi ketika berdiri tidur atau sesudah mual hilang. Ibu Hamil juga harus memperbanyak masakan yang tinggi karbohidrat, minum air putih, mengkonsumsi vitamin B6, menjauhi masakan pedas dan yang paling penting yaitu bersikaplah faktual terhadap kehamilan sehingga mual-mual dapat berkurang.

Mengatasi sering Buang Air Kecil pada Ibu Hamil

Sering buang air kecil merupakan keluhan yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan kantung kemih tertekan oleh janin yang semakin hari semakin membesar. Cara mengatasi dari keluhan ini yaitu jangan menunda buang air kecil, biar tidak mengalami infeksi akses kencing ketika hamil.

Mengatasi Kram dan Sakit pada Kaki Ibu Hamil

Kram pada Ibu Hamil dapat diatasi dengan melemaskan seluruh badan terutama potongan badan yang kram atau menekuk pergelangan kaki ke arah atas ketika kram terjadi. Bunda juga dapat menggerakan potongan tangan dan mengurut kaki yang terasa kaku dapat membantu menghilangkan kekakuan. Agar kram tidak terlau menggangu, segera atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melaksanakan senam ringan dan cukup beristirahat.

Mengatasi Pegal-Pegal pada Ibu Hamil

Faktor Penyebab pegal-pegal pada Ibu Hamil dapat dikarenakan kekurangan kalsium atau lantaran ketegangan otot. Ibu Hamil membawa beban berlebih terutama di akhir-akhir kehamilan, sehingga otot-otot badan juga mengalami pengenduran sehingga gampang merasa lelah. Penyebab lain rasa pegal ketika hamil, yaitu ibu hamil kurang banyak bergerak dan berolahraga. Untuk Mengatasi Pegal-Pegal pada Ibu Hamil yaitu senantiasa menyempatkan waktu berolahraga atau setidaknya beraktivitas ringan. Ibu hamil juga diharuskan mengkonsumsi susu dan masakan yang kaya kalsium.

Ringkasan:
  • Beragam Keluhan yang dialami ibu hamil disebabkan lantaran perubahan fisik dan hormonal,
  • Mengatasi Mual dan Muntah pada Ibu Hamil dapat diatasi dengan mengkonsumsi snack sehat sedikit demi sedikit,
  • Mengatasi kram pada Ibu Hamil dapat dilakukan dengan menekuk pergelangan kaki ke arah atas, sesudah itu diurut dengan minyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Keluhan Kehamilan"

Posting Komentar