Mengobati Tipes

by yusri on August 4, 2011

Antibiotik untuk mengobati tipes Mengobati tipes (atau yang biasa disebut demam tipes) merupakan hal yang sudah tidak jarang dalam dunia kesehatan karena penelitian dan perkembangannya masih terus meningkat hingga sampai saat ini. Demam tipes juga disebut demam enterik, hal ini terjadi karena dalam pengobatan tipes terdapat keterlibatan usus dan dapat menjadi sangat serius jika penyembuhan tipes tidak diberikan kepada pasien pada waktu yang tepat. Demam tipes memiliki kecenderungan untuk kambuh kembali dan cara mengobati tipes sangat bergantung pada prognosis atau seberapa parah gejala telah berlangsung. Hal ini kadang-kadang disertai dengan batuk serak dan sembelit atau diare.

Demam tipes terutama ditularkan oleh konsumsi makanan atau air yang tercemar dari orang yang terinfeksi. Sekarang vaksin untuk demam tipes juga tersedia, tetapi vaksin ini tidak begitu efektif dan hanya biasanya diperuntukkan bagi orang-orang yang mungkin terkena penyakit atau bepergian ke daerah di mana daerah yang akan dikunjungi merupakan daerah endemik demam tipes. Tidak ada vaksin yang telah ditemukan sampai tanggal untuk demam paratipes.

Bagaimana Penyebaran dan Cara Mengobati Tipes?

Demam tipes tampaknya telah mempengaruhi ribuan manusia dari tahun ke tahun semakin banyak, namun penyebab penyakit adalah bakteri beracun dan interruptive yang dikenal Salmonella typhi (S. Thypi). Demam tipes terutama menyebar ketika orang makan air makanan atau minuman yang sudah terinfeksi dengan S. typhi. Bakteri ini hanya hidup di manusia dibawa oleh aliran darah dan saluran usus.

Lalu, bagaimana cara mengobati tipes? Seperti pada artikel kami sebelumnya, pengobatan tipes di lakukan dengan mengurangi gejala. Pasien dapat diberikan antibiotik untuk mengobati tipes dan pada umumnya mereka mulai merasa lebih baik setelah 2 hari dan kemungkinan kematian jarang terjadi. Orang yang tidak mendapatkan penyembuhan tipes secara berkala mungkin terus mengalami demam selama beberapa minggu atau bulan, dan sebanyak 20% mungkin meninggal karena komplikasi infeksi.

Berikut beberapa tindakan medis yang dapat diberikan (perlu menjadi catatan bahwa keterangan dibawah hanya merupakan referensi semata, tindakan medis yang terbaik adalah mengubungi dokter atau tim medis untuk diagnosa dan penatalaksanaan yang tepat, sebab pengobatan tipes tergantung pada gejala subjektif atau objektif pasien)

Di Amerika Serikat, dokter sering meresepkan siprofloksasin untuk mengobati tipes pada orang dewasa tidak hamil. Ceftriaxone (antibiotik injeksi) adalah sebuah alternatif untuk perempuan yang hamil dan untuk anak-anak yang tidak mungkin mengkonsumsi siprofloksasin. Obat ini dapat menyebabkan efek samping, dan penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan perkembangan strain resisten antibiotik bakteri.

Dulu obat pilihan untuk demam tipes adalah kloramfenikol, namun dokter umum tidak lagi menggunakannya karena efek samping, tingkat kekambuhan tinggi dan resistensi bakteri. Bahkan, keberadaan bakteri resisten antibiotik merupakan masalah yang berkembang dalam pengobatan tifus, terutama di negara berkembang. Dalam beberapa tahun terakhir, S. typhi juga telah terbukti tahan terhadap trimetoprim-sulfametoksazol dan ampisilin.

Langkah-langkah penyembuhan tipes lain yang bertujuan mengelola gejala-gejala termasuk:

  • Minum cairan. Ini membantu mencegah dehidrasi yang dihasilkan dari demam dan diare berkepanjangan.
  • Makan makanan yang sehat berkalori tinggi dapat membantu menggantikan nutrisi yang hilang ketika sakit.

Related Posts

  1. Tinjauan Lengkap Penyakit Tipes
  2. Kenali Gejala Tipes Karena Tingginya Angka Kematian Bayi Oleh Penyakit Ini
  3. Kenali Penyebab Tipes !
  4. Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati Gigi Berlubang
  5. Pengobatan Asma Saat Ini Hanya Mengobati Gejalanya Saja
  6. Pengantar Pengobatan Kusta / Lepra / Morbus Hansen

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

iwan April 23, 2014 at 8:26 pm

Biji polokyo… biji mujarab dr tiongkok. Dengan ijin Alloh, insyaalloh sangat membantu meluruhkan bakteri penyebab penyakit adalah bakteri beracun dan interruptive yang dikenal Salmonella typhi (S. Thypi).. biji ini mengandung zat yg membantu menguraikan feses lewat BAB.
Perpaket isi 10biji 550rb. @ 70rb.
Fb : bakso cakrawala / iwan susilo
Cp. Iwan 085799811831 / 024 70654422

Reply

iwan April 23, 2014 at 8:17 pm

Biji polokyo… biji mujarab dr tiongkok. insyaalloh sangat membantu meluruhkan bakteri penyebab penyakit adalah bakteri beracun dan interruptive yang dikenal Salmonella typhi (S. Thypi).. biji ini mengandung zat yg membantu menguraikan feses lewat BAB.
Perpaket isi 10biji 550rb. @ 70rb
Cp. Iwan 085799811831 / 024 70654422

Reply

tips kesehatan November 5, 2012 at 9:09 pm

makasi info tentang mengobati tipes nya :)

Reply

Sehat dan Sukses February 13, 2012 at 10:35 am

Makanan berkalori tinggi seperti madu akan sangan membantu pertahanan tubuh terhadap serangan bakteri penyebab tipes.

Reply

Leave a Comment