Gambaran Umum Mengenai Sindrom Nefrotik

by yusri on August 25, 2011

pembengkakan pada sindrom nefrotik Sindrom nefrotik dapat terjadi pada usia berapapun tetapi paling umum antara usia 1-1/2 dan 8 tahun. Penyakit ini lebih namyak mempengaruhi anak laki-laki dibandingkan anak perempuan. Beberapa istilh lain yang sering digunakan untuk sindrom nefrotik antara lain nefrotik syndrom, sindroma nefrotik, nefrotik syndrom, dan lain sebagainya. Seorang anak dengan sindroma nefrotik memiliki tanda-tanda ini antara lain tingginya kadar protein dalam urin, rendahnya tingkat protein dalam darah, pembengkakan akibat penumpukan garam dan air.

Perlu menjadi catatan bahwa nefrotik syndrom bukanlah penyakit yang berdiri sendiri, tetapi dapat menjadi tanda pertama dari penyakit yang merusak unit penyaringan darah kecil (glomeruli) di ginjal dimana urin dibuat. Nefrotik sindrom merupakan penyakit yang berhubungan dengan ginjal, dimana kita ketahui bahwa orgna kecil yang disebut ginjal berperan dalam membersihkan darah dengan menyaring kelebihan air dan garam dan produk-produk limbah dari makanan. Ginjal yang sehat menjaga protein dalam darah, yang membantu darah menyerap air dari jaringan. Tapi ginjal dengan filter yang rusak mungkin membiarkan kebocoran protein ke urin. Akibatnya, tidak cukup protein yang tersisa di dalam darah untuk menyerap air. Air yang kemudian bergerak dari darah ke jaringan tubuh inilah yang akhirnya menyebabkan pembengkakan.

Pembengkakan yang terjadi pada penderita sindrom nefrotik dapat terjadi di sekitar mata, perut, dan kaki. Sangat umum terjadi pada penderita nefrotik sindrom buang air kecil lebih sering daripada biasanya. Hal ini merupakan kelainan fisiologis yang wajar bagi penderita sindrom nefrotik.

Pemeriksaan yang Dibutuhkan Untuk Mendiagnosis Sindrom Nefrotik

Untuk mendiagnosa nefrotik syndrom anak, dokter mungkin meminta sampel urin untuk memeriksa protein. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kadar protein yang tinggi dalam urin merupakan tanda dari penyakit sindroma nefrotik.

Selain urin, tim medis (dokter) juga biasanya mengambil sampel darah untuk melihat seberapa baik ginjal menghilangkan limbah. Ginjal yang sehat menghilangkan kreatinin dan nitrogen urea dari darah. Jika darah mengandung kadar tinggi dari produk limbah, beberapa kerusakan ginjal mungkin sudah terjadi. Tapi kebanyakan anak dengan sindrom nefrotik tidak memiliki kerusakan ginjal permanen.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin ingin memeriksa sepotong kecil dari ginjal anak di bawah mikroskop untuk melihat apakah ada zat yang menyebabkan sindroma nefrotik ini. Prosedur pengumpulan sampel jaringan kecil dari ginjal disebut biopsi, dan biasanya dilakukan dengan jarum panjang melewati kulit. Anak akan terjaga selama prosedur dan menerima obat penenang dan obat penghilang rasa sakit lokal di lokasi masuknya jarum. Anestesi umum digunakan dalam kasus yang sangat jarang di mana operasi terbuka diperlukan. Anak akan menginap di rumah sakit untuk beristirahat dan memungkinkan tim perawatan kesehatan untuk memastikan bahwa tidak ada masalah terjadi.

Bentuk paling umum dari sindrom nefrotik pada anak disebut Minimal Change Disease. Sampai saat ini, belum diketahui pasti apa penyebabnya. Kondisi ini disebut minimal change disease karena anak-anak dengan bentuk sindrom nefrotikini memiliki hasil biopsi normal atau mendekati normal.

Pada sekitar 20 persen anak-anak dengan sindrom nefrotik, biopsi ginjal menunjukkan jaringan parut atau deposito di glomerulus. Kedua paling umum penyakit yang merusak unit-unit penyaringan kecil yang glomerulosklerosis focal segmental (FSGS) dan glomerulonefritis membranoproliferative (MPGN). Sangat jarang kasus dimana seorang anak dapat lahir dengan kondisi yang menyebabkan sindrom nefrotik atau nefropati kongenital.

Karena prednison kurang efektif dalam mengobati penyakit ini daripada dalam mengobati penyakit minimal change disease, dokter mungkin menggunakan terapi tambahan, termasuk agen sitotoksik. Pengalaman baru dengan kelas obat yang disebut ACE inhibitor (jenis obat tekanan darah) menunjukkan bahwa obat ini membantu mencegah protein dari bocor ke dalam urin dan menjaga ginjal tidak rusak pada anak-anak dengan sindrom nefrotik.

Sangat Penting untuk menghubungi dokter atau tim medis profesional untuk berkonsultasi terutama dalam pengobatan sindrom nefrotik, sebab pengobatan sindrom nefrotik memiliki protokol yang diakui secara universal. Selain itu perawatan untuk nefrotik sindrom ini umumnya memerlukan rawat inap di rumah sakit.

Baca Juga

Sindrom Nefrotik Pada Anak

Sindrom nefrotik pada anak merupakan salah satu kausa yang sangat banyak dijumpai pada rumah sakit. Sindrom nefrotik juga disebut nephrosis, nefrotik [...]

Gejala Sindrom Down

Gejala sindrom down merupakan suatu kondisi genetik yang disebabkan oleh gen tambahan dari kromosom 21 yang menghasilkan karakteristik tertentu termasuk beberapa [...]

Mengenal Variasi Penyebab Sindrom Down

Penyebab sindrom down masih menjadi hal yang terus menerus diteliti dalam pengembangan ilmu kedokteran saat ini. Normalnya, sel manusia biasanya berisi [...]

Apa Itu Sindrom Down?

Sindrom down merupakan istilah medis yang ditemukan pertama kali oleh dokter Langdon Down pada tahun 1866 untuk menggambarkan gangguan mental pada [...]

Berbagai Hal Mengenai Sakit Kepala

Sakit kepala memang sering dialami oleh setiap orang, pada umumnya sakit semacam ini dialami ketika ada gangguan kecil pada kepala. Namun [...]

Penyebab Anemia Yang Umum Terjadi Pada Wanita

Ada beberapa hal mengenai penyebab anemia yang sering terjadi pada kaum wanita. penyebab tersebut dapat berakibat fatal bagi kaum wanita yang [...]

Cara Cepat Hamil

{ 17 comments… read them below or add one }

wan Nor azilah October 8, 2013 at 10:00 pm

sy pernah alami masalah ini dr sy umur 11 tahun.namun alhamdulillah sekarang sy sudah kembali normal setelah megamalkan ubat yg di kirim oleh saudara sy di sudan.sesiapa yg berminat utk ketahui lebih lanjut blh hubungi sy 0195491600

Reply

tips kesehatan November 5, 2012 at 9:15 pm

mengerikan melihat penderita sindrom nefrotik

Reply

sofyan joy October 9, 2012 at 2:17 am

llah sembuh total dan bertahan sehat selamanya.

Reply

Jenal Sopari April 28, 2012 at 6:36 pm

mohon bantuanya anak saya usia 15 bulan mengalami penyakit sama denagan yang di atas yaitu nefrotik syndrom, sekarang lagi berobat di rumah sakit..sampai saat ini dokter belum bisa mastikan kapan akan sembuh. yang akan saya tanyakan biasanya sampai kapan pengobatan penyakit tersebut? berapa bulan lamanya? dari makanan apa yang harus di jaga?

Reply

akma June 4, 2012 at 2:52 pm

kurangkan pengambilan protin dan garam adalah diet yang baik bagi pesakit nifrotik kerana pengambilan protin yang tinggi akan menyukarkan buah pinggang untuk berkerja,kita sedia maklum buah pinggang pesakit nifrotik akan membocorkan protin jadi dengan pengambilan diet kurang protin akan mengurangkan tekanan kepada buah pinggang.ini pengalaman saya, saya pengidap nifrotik sndrom,selama ini saya tidak tahu apa pemakanan yang sesuai,bermacam kaaedah n diet yang saya cuba namun kes tetap berulang sehinggakan saya cuba kurangkan pengambilan protin seperti yang disarankan oleh dietition,so far berjaya,sampai kapan?bergantung kepada keadaan buah pinggang dan penerimaan ubat kepada badan pesakit.

Reply

Nisa April 6, 2012 at 4:39 pm

Jangan khawatir karena saya adalah wanita (27th) Ÿª?? menderita syindrom nefrotik selama 18 tahun lamanya…tetapi sya bsa hidup dgn normal dan sdh memiliki 2org putri rutinitas pun sama seperti wanita lain ttp bsa berkerja dan berkarir. ?ªn9 penting kita bsa menjaga kesehetan dan mengenali kondisi tubuh kita dengan baik..dan dukungan dª?i orang2 Ÿª?? kita cintai…sampai skrg saya ttp rajin minum obt walaupun dgn dosis Ÿª?? rendah…kecuali bila kambuh sya harus meminum dosis obt lebih tinggi.. Jangan terlalu khawatir yakinlah kita bsa hidup dgn sehat dengan menjaga kesehatan dan berdoa

Reply

akma June 4, 2012 at 2:44 pm

hi..
saya mengidap nifrotik sindrom dan ingin bertanya kepada anda, saya ingin memiliki anak tapi sampai sekarang masih belum berhasil.saya sudah berkahwin 2 tahun..mungkin kerana ubat yng diambil menyebabkan saya sukar hamil.apa yng anda lakukan untuk hamil kerana setahu saya agak sukar bagi pesakit buah pinggang untuk hamil.jika tidak keberatan bolehlah berkongsi rahsia dengan saya.

Reply

natasha June 18, 2012 at 5:49 am

Syndrom nefrotik dalam golongan yg mana fsgs or mcd? Berarti diagnosanya waktu berumur 9 tahun ya? Thanks u

Reply

nats July 13, 2012 at 5:29 am

Hi,
Boleh saya tau, kamu neftrotik sindromnya dlm jenis yg mana? Mcd ir fsgs? Thanks u

Reply

Surya Darma January 16, 2012 at 3:20 pm

anak saya sekarang berumur 13 tahun sejak umur 2 tahun kena Nefrotik Sindrom…dan bulan ini baru seminggu keluar dari rumah sakit….dan harus kontrol tiap bulannya…yang ingin saya tanyakan :
1. apakah anak saya bisa sembuh…?
2. apakah ada anak yang sembuh dari penyakit ini…?
3. apa yang sebaiknya saya lakukan supaya urine nya tetap negatif?…soalnya anak saya kadang +2 kadang2 +1 , dan sekarang sudah negatif.

Reply

putri khairunnisa July 7, 2012 at 9:11 am

ass,,sya putri ,saya sudh sethun lbih mnderita SN ..
sdah 4 kli kluar,msuk RS, sudh terapi sana sini (akupuntur , bekam ,dan ETF )
yg ingn saya tnyakan :knpa bdan saya terasa berat sekali?sampai2 tdk bsa brjlan saya ?

apakah terasa beratx bdan saya karna cairannya itu (pembengkkan)??

Reply

natasha July 13, 2012 at 5:36 am

Hi Surya, boleh tau SN nya dalam kategori nana minimal changes (mcd) or fsgs? Thanks

Reply

ama November 24, 2011 at 10:30 am

apakah anak yg kena SN bisa mlakukan aktivitas sperti biasa?
pengobatan yg tepat tu seperti apa? dan apa bisa smbuh??

Reply

Aisyah February 9, 2012 at 10:31 am

Saya menderita sindrom nifrotik sudah 2 tahun lebih, dan selama ini saya melakukan pengobatan sampai sekarang, apakah ada harapan untuk sembuh?

Reply

ricky October 18, 2011 at 8:52 am

untuk irma dan adi tidak usah khawatir/panik,pada tahun 2004 lalu saya juga pernah mengalami syndrom nefrotik dan alhamdulillah setelah menjalani pengobatan secara intensif(rawat jalan) kurang lebih 6 bulan, akhirnya saya bisa sembuh dan dapat beraktifitas secara normal seperti biasanya.saya berobat ke dokter spesialis penyakit dalam dan di berikan obat prednison dengan dosis yang di jadwalkan oleh dokter,setiap dua minggu sekali saya melakukan cek urine dan darah untuk mengetahui kadar proten dalam darah dan urine,selain menggunakan prednison saya juga disarankan oleh dokter untuk memposisikan kaki lebih tinggi dari badan ketika sedang tidur,hal ini di maksudkan untuk mengurangi pembengkakkan di kaki.
mudah mudahan pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk irma dan adi.

Reply

irma ayu September 20, 2011 at 8:55 pm

anak sy umur 23bln didiagnosa mengidap sindrom nefrotik,gejalanya sma sprti di atas.apakah bisa disembuhkan dn bgaimana untuk mengatur pola makan khususnya protein?

Reply

adi sukma September 18, 2011 at 12:28 am

mohon bantuannya. kekasih saya seorang wanita, umur25 tahun di vonis syndron nefrotik,dokter bilang ad infeksi dalam ginjal. gejalanya sama spt diatas,pembengkakan pada wajah,perut,dan kaki. karena saya awam dalam hal medis, sy sangat mengharapkan bantuan anda sekalian mengenai kesembuhan kekasih sy:
1. apakah bisa sembuh seperti semula kembali?
2. apakah dy bisa aktivitas spt smula kembali?
3. bagaimana pengobatannya agar dia bsa segera sembuh?trimakasih

Reply

Leave a Comment