Manfaat Olahraga Bersepeda

by alisha on October 5, 2011

manfaat bersepeda Manfaat bersepeda yang sangat baik bagi kesehatan menjadikan bersepeda kini menjadi olahraga yang diminati oleh masyarakat. Hampir setiap pagi kita dapat melihat orang-orang berolahraga menggunakan sepeda.

Sepeda ditemukan pertama kali pada akhir abad ke-19 di Eropa. Kemudian sepeda mulai menyebar sampai Amerika Serikat dan sekarang telah dikenal diseluruh dunia. Bersepeda dikenal sebagai salah satu jenis olahraga karena manfaat bersepeda sangat banyak bagi tubuh.

Mengenai manfaat bersepeda ini, dalam suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 di Negara Jerman membuktikan bahwa seseorang yang melakukan olahraga bersepeda secara rutin dengan kecepatan 1-15 km/jam minimal satu jam setiap hari lebih kebal terhadap penyakit flu daripada orang yang tidak melakukan olahraga bersepeda, karena metabolisme tubuh orang yang bersepeda lebih terjaga dan staminanya juga lebih baik.

Untuk membuktikan salah satu manfaat bersepeda adalah saat Anda mengalami sakit pada punggung, silahkan Anda mencoba untuk bersepeda setiap hari secara rutin. Mengapa demikian? Karena nyeri pada bagian punggung umumnya diakibatkan lempengan disc pada tulang punggung kurang terlatih sehingga tulang punggung sulit untuk mendapat nutrisi yang cukup. Dengan bersepeda, maka lempengan itu akan bergerak dan terlatih kinerjanya.

Manfaat Olahraga Bersepeda

Selain untuk mengatasi sakit punggung, masih banyak manfaat bersepeda yang lain. Beberapa dari manfaat olahraga bersepeda tersebut antara lain adalah:

  1. Bersepeda dapat membuat tubuh menjadi berenergi dan menjaga bentuk tubuh. Hal ini dikarenakan ketika kita bersepeda, kita melakukan beberapa gerakan yang dapat membentuk, mengencangkan, dan menguatkan serta mengurangi lemak pada otot paha, betis, serta panggul.
  2. Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat mengurangi selulit pada paha. Bahkan gerakan bersepeda juga dapat menghilangkan stress di daerah lutut hingga pergelangan kaki seperti halnya ketika kita berjalan atau melakukan senam aerobik.
  3. Bersepeda dapat memperlancar proses sirkulasi darah kaya oksigen serta nutrisi menuju seluruh bagian otot di seluruh tubuh.
  4. Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat menghindarkan kita dari berbagai serangan penyakit. Misalnya diabetes, sebab bersepeda dapat menghindarkan kita dari tekanan darah tinggi dan menurunkan berat badan.
  5. Bersepeda dapat mengurangi stress dan menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga

Manfaat Olahraga Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat olahraga yang baik untuk tubuh dapat kita peroleh dengan melakukan olah raga secara rutin setiap hari. Berolahraga tidak harus lama, [...]

olahraga sebelum sarapan

Kompas.com – Berlari dengan perut kosong ternyata bukan ide yang buruk. Meski kebanyakan atlet mengonsumsi makanan sebelum latihan, ternyata berolahraga dengan [...]

Manfaat Utama Olahraga

Manfaat Utama Olahraga/ Exercise adalah: Mempertinggi metabolisme Anda sehingga Anda membakar kalori lebih setiap hari, sehingga bisa digunakan untuk program menurunkan [...]

Olahraga Mengecilkan Perut

Anda dapat melakukan olahraga untuk mengurangi timbunan lemak di tubuh Anda, secara otomatis juga akan mengecilkan perut buncit anda. Kebanyakan orang [...]

Manfaat Yoga bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Yoga diketahui telah terbukti secara ilmiah untuk kesehatan tubuh kita. Penyakit-penyakit berat diyakini dapat dikontrol jika kita melakukan dengan teratur. [...]

Manfaat Pilates Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Pilates sepertinya mulai dilirik para pecinta senam. Memiliki ciri gerakan tidak berulang-ulang menjadikan jenis latihan ini tantangan tersendiri. Latihan yang [...]

Cara Cepat Hamil

{ 13 comments… read them below or add one }

vertical blind July 19, 2013 at 10:50 am

betis yang semakin jadi pastinya :D

Reply

desi December 24, 2012 at 6:25 pm

aq merasa ambisi mengayuh sepeda sesaat waktu kosong,tujuan turunkan berat badanku. sepeda adalah hidupku.

Reply

Leave a Comment