Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

by syakur on March 30, 2012

manfaat mahkota dewa Manfaat mahkota dewa sebagai tanaman obat telah diakui oleh kalangan masyarakat kita, dan saat ini kita dapat dengan mudah menemukan berbagai macam obat herbal dengan bahan buah mahkota dewa. Tanaman mahkota dewa atau yang memiliki nama latin Phaleria macrocarpa telah lama dikenal dan dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Tanaman mahkota dewa berasal dari daerah Papua/Irian Jaya. Mahkota dewa termasuk dalam kelompok tanaman Thymelaece dengan batang utama memiliki banyak cabang dan buasanya tumbuh setinggi 1,5 m sampai 2,5 m. Tanaman mahkota dewa dapat tumbuh subur pad atempat yang memiliki ketinggian 10-1200m dpl.

Manfaat mahkota dewa tidak hanya berasal dari buahnya saja, tetapi dari batang serta daun dari tanaman mahkota dewa juga dapat kita gunakan sebagai tanaman obat tetapi tidak dapat langsung kita gunakan sebagai obat, daun dan akar butuh pemrosesan terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai obat. Mahkota dewa banyak diolah menjadi teh yang terkenal dengan sebutan teh mahkota dewa , sehingga dapat dengan mudah disimpan dalam waktu yang cukup lama dan dengan mudah dapat segera di konsumsi ketika dibutuhkan.

Khasiat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

Manfaat mahkota dewa bagi kesehatan disebabkan karena tanaman ini mengandung beberapa zar aktif antara lain Alkoloid yang bersifat detoksifikasi yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh. Selain itu mahkota dewa juga mengandung saponin yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti virus, selain itu saponin juga berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dan mengurangi penggumpalan darah.

Kandungan bermanfaat lain yang ditemukan dalam tanaman mahkota dewa adalah bahwa tanaman ini mengandung flavonoid yang berfungsi melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, mengurangi kadar kolesterol, mengurangi resiko terkena serangan penyakit jantung, mengandung antiinflamasi serta berfungsi sebagai anti oksidan.

Khasiat mahkota dewa yang lain adalah sebagai antihistamin karena mengandung zat polifenol. Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini memiliki berbagai macam nama yang berbeda antara lain adalah Makuto Rojo, Makuto Ratu, Obat Dewa dan Crown of God.

Related Posts

  1. Mahkota Dewa
  2. Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan
  3. Manfaat Tomat Untuk Kesehatan
  4. Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kita
  5. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
  6. Rangkuman Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Cara Cepat Hamil

{ 5 comments… read them below or add one }

obat haid tidak teratur June 1, 2014 at 9:21 am

terimakasih banyak atas info dan manfaat dari daun dewanya, sangat bermanfaat gan.

Reply

tips kesehatan October 22, 2012 at 7:12 pm

mahkota dewa dikenal dengan manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan,termasuk melawan kanker..

:)

Reply

informasi August 17, 2012 at 9:57 am

mahkota dewa sangat bermanfaat :)

Reply

Scanner Barcode Murah June 20, 2012 at 2:21 pm

wah ternyata di indonesia banyak sekali tanaman herbal yah!!
thanx bwt penulis jadi bnyak pengetahuan nih!!!

Reply

Kiswah May 2, 2012 at 11:18 pm

Memang banyak tumbuhan herbal yang mempunyai manfaat yang luar biasa salah satunya yaitu Mahkota Dewa ini

Reply

Leave a Comment