Manfaat Senam Hamil Untuk Kelancaran Proses Kehamilan

by syakur on April 14, 2012

senam hamil Olah raga merupakan kebutuhan bagi setiap orang, tetapi kadang selama masa kehamilan ada beberapa orang yang mengalami masalah dalam menjalani olah raga. Seperti kita tahu, selama masa kehamilan seorang wanita harus sangat hati-hati demi menjaga keselamatan bayi maupun dirinya sendiri. Senam hamil adalah solusi agar fisik tetap bugar selama masa kehamilan. Masa kehamilan adalah saat-saat paling ditunggu bagi pasangan suami istri. Setiap pasangan pasti berupaya menjaga kondisi kandungan agar proses kehamilan berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan merupakan prioritas pertama dari setiap pasangan. Selain untuk menjaga kebugaran fisik dari calon ibu, senam hamil ternyata juga bisa membantu kelancaran proses persalinan. Sebelum membicarakan lebih lanjut mengenai senam hamil, ada baiknya kita sedikit mempelajari tentang pengertian senam hamil. Senam hamil merupakan salah satu olah raga khusus yang dilakukan oleh ibu hamil. Gerakan-gerakan dari senam hamil telah disesuaikan untuk kenyamanan dan keamanan ibu hamil, sehingga tidak beresiko menimbulkan masalah pada ibu maupun calon bayi di dalam kandungan.

Manfaat Senam Hamil

Manfaat senam hamil sangatlah banyak meskipun gerakanya terlihat ringan dan tidak membutuhkan banyak energi jika dibandingkan dengan senam yang lainya. Tetapi gerakan-gerakan dalam seban hamil telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat senam hamil.

1. Memperkuat Kelenturan otot

Biasanya seseorang yang sedang mengalami proses kehamilan akan merasa nyeri di perut dan bokong, dengan melakukan senam hamil, anda akan memperkuat elastisitas beberapa otot pada dinding perut sehingga akan mengurangi rasa nyeri pada perut dan bokong.

2. Melatih Teknik Pernapasan

Dengan melakukan senam hamil secara rutin maka anda akan mendapatkan oksigen secara optimal. Hal ini sangat membantu selama proses persalinan.

3. Melatih Relaksasi

Relaksasi sangat dibutuhkan ketika proses persalinan, senam hamil akan membantu anda untuk mengatasi rasa sakit maupun ketegangan selama proses persalinan.

4. Mengurangi Keluhan

Bentuk serta sikap tubuh orang hamil sangat berbeda dengan yang lainya, senam hamil dapat membantu megurangi keluhan terhadap perubahan bentuk tubuh.

5. Melancarkan Persalinan

Menurut para ahli, dengan melakukan senam hamil secara rutin, anda akan terhindar dari kesulitan ketika menjalani proses persalinan.

Manfaat senam hamil ternyata sangat luar biasa bagi kesehatan ibu maupun calon bayi yang masih berada di dalam kandungan. Tetapi sebaiknya anda melakukan konsultai dengan dokter anda sebelum memutuskan untuk mengikuti senam hamil.

Related Posts

  1. Senam Ibu Hamil Sesuai Dengan Syarat Dan Ketentuan
  2. Tips untuk Ibu di Kehamilan Trimester Kedua
  3. Pro Kontra Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil
  4. Mempersiapkan Kelahiran pada Kehamilan Trimester Ketiga
  5. Tips Persiapan Kehamilan
  6. Tips untuk Menghadapi Kehamilan Lewat Bulan

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

Cara Dahsyat Agar Cepat Hamil dan Konsultasi Gratis December 22, 2012 at 8:53 am

senam hamil sangat penting agar nanti lancar dalam proses kehamilan,,, :)

Reply

Cara Cepat Hamil December 12, 2012 at 9:01 pm

senam hamil penting untuk menunjang kelancaran proses kehamilan,,
thanks infonya :)

Reply

jokosa June 18, 2012 at 11:24 am

Wah informasinya bagus buat bini gue nih.. : )

Reply

tips kesehatan April 15, 2012 at 3:15 pm

buat ibu-ibu hamil,ini penting untuk dilakukan,,,

thanks info kesehatannya :)

Reply

Leave a Comment