Sirsak

by syakur on April 26, 2012

buah sirsak Buah sirsak atau yang juga disebut nangka Belanda ini pada awalnya berasal dari daerah Karibia, Amerika tengah dan Amerika Selatan tetapi saat ini telah menyebar luas ke bebagai wilayah di Asia termasuk Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Annona Muricata ini pertama di datangkan ke Indonesia oleh pemerintahan kolonial Hindia Belanda meskipun sebenarnya buah ini bukan berasal dari Belanda ataupun Eropa. Penyebutan nama sirsak sendiri sebenarnya berasal dari kata “zuurzak” yang berarti kantong asam dalam bahasa Belanda. Pohon buah sirsak dapat tumbuh di sembarang tempat, tetapi paling baik jika ditanam di daerah berair.

Sirsak atau yang biasa disebut dengan “nongko sebrang” dalam bahasa jawa ini ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun untuk perawatan kecantikan. Buah sirsak sendiri selama ini telah digunakan sebagai bahan pembuatan aneka macam minuman serta makanan seperti jenang, dodol dan aneka ragam makanan lainya.

Manfaat Buah Sirsak Dalam Bidang Kesehatan

Buah sirsak memiliki beraneka ragam manfaat bagi kesehatan khususnya dalam membantu mengatasi berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita. Beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan antara lain adalah dapat mengobati berbagai macam jenis kanker. Menurut beberapa studi yang mempelajari tentang tanaman sirsak ini, terbukti bahwa seluruh bagian buah, kulit, biji, daun, bunga dan akar dapat digunakan sebagai ramuan manjur untuk menangkal berbagai macam penyakit kanker.

Selain ampuh untuk menangkal serangan penyakit kanker, ternyata buah sirsak juga sangat baik sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan aneka ragam penyakit. Buah sirsak berfungsi untuk meingkatkan kadar antioksidan dalam tubuh kita sehingga memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas. Jika anda menderita sembelit, tentu anda akan merasakan betapa menderitanya memiliki penyakit ini. Selain itu buah sirsak merupakan salah satu buah yang mampu mengurangi raa sakit serta nyeri akibat sembelit.

Untuk urusan perawatan kulit, anda bisa mencoba ampuhnya ramuan daun sirsak yang ditumbuk dengan air mawar dan digunakan sebagai masker akan senantiasa memelihara kecantikan kulit anda serta membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

Related Posts

  1. Manfaat Buah Sirsak
  2. Ketahui Hebatnya Manfaat Jus Sirsak
  3. Pengobatan Alternatif Kanker Payudara
  4. Manggis
  5. Buah Lemon
  6. Manfaat Alpukat, Hampir Setiap Bagian Tumbuhan Ini Bermanfaat.

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

Makanan Sehat dan Makanan Diet July 17, 2013 at 11:49 am

Buah Sirsak memang buah yang kaya akan manfaat,,, untuk tambahan, ternyata tidak hanya buah nya saja loh, tetapi daunnya juga berkhasiat untuk menghilangkan racun-racun didalam tubuh… biasanya dikonsumsi dalam bentuk minuman teh… dan sudah banyak produk teh daun sirsak ini

Nice Share

Reply

tips kesehatan October 22, 2012 at 7:50 pm

sirsak ini rasanya manis,,
bisa diolah menjadi apa saja,dan kita dapatkan manfaatnya :)

Reply

informasi August 17, 2012 at 10:05 am

buah sirsak ,matap …
enak dan bermanfaat :)

Reply

tips kesehatan April 27, 2012 at 4:08 am

wawwww,,
buah sirsak selain enak ,khasiatnya sangat banyak,,

mantap,,,,,,

makasi infonya :)

Reply

Leave a Comment