Tulang Kuat dengan Makanan yang Mengandung Kalsium

by syakur on May 8, 2012

makanan yang mengandung kalsium Makanan yang mengandung kalsium sangatlah penting untuk memperkuat tulang dan gigi kita. Dalam kegiatan sehari-hari, kita pastinya banyak melakukan aktifitas-aktifitas berat terutama saat berolah raga. Kalsium itu penting untuk menjaga tubuh kita tetap tegak sehat karena tulang yang kuat juga. Banyak manfaat-manfaat lain yang didapat dari kalsium. Manfaat diatas hanyalah beberapa manfaat utama kalsium. Banyak orang yang meyakini bahwa susu adalah satu-satunya sumber kalsium. Tapi faktanya banyak sekali sumber lainnya yang ternyata tinggi akan kalsium.

Kelebihan dan Kebutuhan Makanan yang Mengandung Kalsium bagi Tubuh

Kalsium selalu identik dengan tulang dan gigi semenjak kegunaan kalsium disebutkan dalam lagu anak-anak. Selain memperkuat tulang sehingga kita terhindar dari penyakit osteoporosis, kalsium juga dapat membantu anda diet menurunkan berat badan berlebih asalkan takarannya tepat dan tidak berlebihan. Tahukah anda bahwa kalsium adalah mineral terbanyak yang ada dalam tubuh kita? Banyak makanan yang mengandung kalsium yang dibutuhkan antara wanita dan pria bisa berbeda. Dan biasanya juga dipengaruhi umur, karena semakin tua umur seseorang maka semakin banyak pula kalsium yang dibutuhkan.

Contohnya pada anak-anak yang kira-kira dalam sehari membutuhkan 800 – 1200 mg kalsium untuk tubuh mereka, sedangkan orang dewasa membutuhkan sekurang-kurangnya 1200 mg per hari. Kalsium amat dibutuhkan oleh orang-orang dalam keadaan tertentu terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan, ibu hamil dan menyusui. Makanan yang mengandung kalsium hampir selalu dibutuhkan sepanjang hidup manusia. Karena selama hidup manusia pastinya selalu bergerak dan butuh tulang yang kuat untuk mendukung pergerakan mereka.

Kalsium Tinggi di Makanan Sumber Kalsium

Selain susu berkalsium tinggi, kita dapat menemukan banyak kalsium dalam berbagai jenis makanan. Pada dasarnya kalsium memang terkandung dalam semua jenis makanan. Hanya saja porsi kandungannya berbeda-beda dari satu jenis makanan ke yang lainnya. Sepuluh makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah yogurt, keju atau macam-macam makanan yang mengandung keju, susu dan segala produknya, ikan sarden dan ikan lain yang biasanya dapat dimakan bersama tulangnya, sayuran hijau gelap, sereal, jus jaruk, kedelai dan segala produknya, dan roti yang mengandung biji-bijian.

Ringkasan: Makanan yang mengandung kalsium sangatlah penting untuk memperkuat tulang dan gigi kita.

Related Posts

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin D Agar Tulang dan Gigi Kuat
  2. Penuhi Energimu dengan Makanan yang Mengandung Karbohidrat
  3. Segarkan Kulit dari Dalam dengan Makanan yang Mengandung Vitamin E
  4. Kalsium
  5. Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Pembentukan Sel-Sel Baru
  6. Makanan Yang Mengandung Zat Besi: Penting Untuk Pertumbuhan

Cara Cepat Hamil

{ 5 comments… read them below or add one }

tips kesehatan October 22, 2012 at 8:21 pm

saya setuju…
tulang akan kuat kalau dipenuhi dengan kalsium dan vitamin D juga :)

Reply

informasi August 20, 2012 at 10:22 am

nice artikle :) thanks

Reply

ade June 10, 2012 at 4:08 pm

program penurunan berat badan dgn cara mengurangi makan akan mengakibatkan berkurangnya asupan kalsium kedalam tubuh dan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan osteoporosis.

Hal ini bisa dihindari dgn menambahkan suplemen nutrisi dgn kandungan nutrisi seimbang tapi rendah kalori sehingga tidak akan mengganggu program diet kita

Reply

tips kesehatan May 8, 2012 at 2:35 pm

kalsium sangat penting,,,
tanpa kalsium tulang kita akan cepat keropos pada usia lanjut,,,

thanks infonya :)

Reply

Doddy Setia Graha May 8, 2012 at 10:02 am

Salam Sahabat,
Tips ini akan saya salin. Trims. Was. Doddy

Reply

Leave a Comment