Mengenal Lebih Jauh Tentang Usia Kehamilan 7 Bulan

by syakur on May 13, 2012

janin pada kehamilan 7 bulan Kehamilan 7 bulan adalah periode yang tinggal menunggu sempurnanya janin untuk siap dilahirkan. Janin yang lahir prematur pada usai 7 bulan mempunyai harapan hidup yang cukup tinggi. Bentuk fisik janin sudah terlihat sangat sempurna, tetapi dalam segi bobot dan kesempurnaan belum mencukupi untuk lahir.

Janin pada Kehamilan 7 Bulan

Janin pada kehamilan 7 bulan sudah mulai jurang nyaman berada di rahim karena dengan ukuran badannya, ukuran rahim akan terasa sangat sempit. Ia akan mulai merasakan keterbatasan ruang dan bergerak-gerak mencari posisi yang nyaman. Janin sudah bisa melihat walaupun yang dilihatnya hanya uterus yang terang atau gelap. Keadaan uterus yang terang dan gelap ini membantunya membedakan siang dan malam. Ia juga sudah bisa mendengar walaupun yang didengarnya menyeruapi dengungan. Hal ini membiasakannya mendengar suara ayah dan ibu, suara dimana ia tinggal dan bahkan music. Ia juga akan mendengarkan musik yang ibu dengarkan. Begitu juga suara hewan dan keadaan sekitar. Indera perasanya juga sudah hampir sempurna dengan begitu ia akan merasakan apa yang ibu makan. Paru-parunya sudah berlatih untuk bernafas dan gerakan yang ia lakukan membantunya melatih ototnya. Tulang janin pada periode ini sudah muali sempurna dan ia sudah mempunyai lemak untuk energinya. Ukuran janin pada periode ini sekitar 11 inci.

Perubahan Tubuh Ibu pada Kehamilan Bulan Ketujuh

Ibu pada kehamilan 7 bulan akan mengalami rasa ingin buang air yang lebih sering karena rahim semakin menekan kandung kemih. Uterus yang membesar akan membuat sakit punggung. Untuk meminimalisir sakit punggung, disarankan untuk memakai sandal tak berhak dan mengoreksi postur tubuh. Ukuran tubuh akan semakin membesar dan membuat ibu tidak nyaman tidur. Kolostrum sudah terbentuk di kelenjar payudara. Banyak rasa tidak nyaman yang mungkin dirasakan ibu pada kehamilan 7 bulan ini.

Tanda-tanda Kehamilan 7 Bulan

Lebih banyak tanda-tanda dan rasa tidak nyaman yang akan terjadi. Beberapa ketidaknyamanan yang bisa terjadi adalah: kelelahan, rasa jantung terbakar, stretch marks, sakit punggung, kram kaki, hemorrhoids, mimisan, tekanan pada kandung kemih, varises, cairan dari payudara, dan rasa sesak nafas. Ibu disarankan untuk mengikuti senam hamil dan beristirahat lebih banyak pada kehamilan 7 bulan.

image source: http://www.webmd.com

Baca Juga

Yang Perlu Diketahui saat Usia Kehamilan 4 Bulan

Pada kehamilan 4 bulan, janin sudah menyerupai manusia sempurna lengkap dengan kemampuan inderanya. Janin pada periode ini bisa dibilang cukup dewasa, [...]

Yang Harus Diketahui Tentang Usia Kehamilan 8 Bulan

Kehamilan 8 bulan adalah masa dimana perkembangan janin mulai maksimal dan menunjukkan kesiapannya untuk hadir di dunia. Pada periode ini, ibu [...]

Yang Perlu Diketahui Saat Usia Kehamilan 5 Bulan

Kehamilan 5 bulan bisa dikatakan periode yang sudah dewasa walaupun masih sangat jauh dari kelahiran. Janin pada periode ini mengalami pertumbuhan [...]

Usia Kehamilan 6 Bulan, Yang Perlu Diketahui

Usia Kehamilan 6 bulan adalah usai kehamilan yang sudah cukup matang. Janin sudah mulai berkembang dewasa. Pada usia 5 bulan, ia [...]

Apa yang Terjadi pada Usia Kehamilan 3 bulan ?

Pada Usia kehamilan 3 bulan, terutama pada akhir masa 3 bulan, janin sudah bisa disebut sebagai manusia. Bentuk janin sudah benar-benar [...]

Kematangan Kandungan pada Usia Kehamilan 9 Bulan

Pada kehamilan 9 bulan, janin sudah siap untuk dilahirkan. Pada masa ini, janin hanya akan mengalami beberapa pertumbuhan yang membuatnya benar-benar [...]

Cara Cepat Hamil

{ 10 comments… read them below or add one }

rhina paone February 14, 2014 at 7:15 am

dok , apa di bolehkan klw usia kandungan sudah masuk 7 bulan masih melakukan hubungan suami istri ? soalnya ini anak pertama bagi saya…

mksh sblumnya !!!

Reply

netha December 23, 2013 at 12:39 am

Dok sya ingin bertanya, boleh tidak saya melahirkan diusia kandungan 7bln soal keadaan yg memaksa saya untuk cepat” bekerja karna tuntutan ekonomi. Sya terpaksa harus melahirkan diusia 7bln dengan operasi caesar walaupun belum wktnya. Itu tidak bahaya kan dok untuk sya n anak dlm kandungan sya. Mohon infonya ??????? dok terima kasih

Reply

retha October 15, 2013 at 10:17 am

dok mo tanya usia kehamilan sya menginjak usia 7 bulan akhir bulan ini.. Akhir2 ini perut terasa sering kenceng jd bt tiduran kdang jg ga nyaman. Itu krena apa ya dok. terima kasih

Reply

marsiyatin October 1, 2013 at 10:28 am

dok,,,saya berusia 39 tahun dan sedang hamil 6 bulan,,,,,kehamilan saya ini masuk dalam kehamilan yang beresiko karena ini adalah kehamilan yang ke 7 dan ini adalah anak yang ke 6 karena kehamilan keempat terjadi keguguran usia 3 bulan,,,lalu apa saja yang perlu saya perhatikan mengingat ini adalah kehamilan yang beresiko dok,,,agar saat melahirkan nanti bisa lancar dan baik,,,makasih dok.

Reply

Arini September 24, 2013 at 3:05 pm

Aku sudah memasuki 7 bulan nih..(+/-25minggu)…gerakannya sudah mulai terasa,,,awalnya masih ragu apa iya ini anakku yang gerak apa perutku yng kelaperan tapi lama kelamaan kerasa banget deh beda gerakannya sama lapar,,,hehehe…kalo keluhannya ya bener tuh sakit pinggang,kaki nyeri,ke wc keseringan dan laper trus…:D

Reply

Dewii Ciinta April 1, 2013 at 9:41 am

Makasih infony dok, tapi kenapa terkadang payudara saya terasa gatal2..apa itu karna bawakan sieh janin??

Reply

eni caby December 22, 2012 at 12:10 pm

mksh infonya,smga nant byiku lhr dgn slmat n sehat

Reply

siti December 18, 2012 at 6:50 pm

knapa ya kok kandungan ku 7 bulan tapi mules udah kerasa dan sesekali mengeluarkan darah….. mohon infonya?

Reply

Cara Cepat Hamil December 14, 2012 at 7:13 pm

thanks infonya dok seputar kehamilan 7 bulan :)

Reply

tips kesehatan May 14, 2012 at 3:04 pm

si bayi sudah mulain menendang-nendang

:)

Reply

Leave a Comment