Mempersiapkan Kelahiran pada Kehamilan Trimester Ketiga

by syakur on May 14, 2012

senam hamil sangat disarankan saat kehamilan trimester ketiga Kehamilan trimester ketiga adalah trimester terakhir dimana janin akan dipersiapkan dengan maksimal. Janin akan mengalami pertumbuhan yang signifikan pada organ dalam, otak dan jaringan sampai janin berubah menjadi bayi yang sudah bisa melihat dan merasa. Pada periode ini, ibu akan mengalami banyak sekali perubahan fisik maupun keluhan fisik dan mental. Persiapan yang baik diperlukan, apalagi dengan rasa gugup yang melanda menjelang kelahiran.

Senam pada Kehamilan Trimester Ketiga

Pada periode kehamilan trimester ketiga, ibu sangat disarankan untuk melakukan senam baik itu senam hamil yang berfokus pada pernafasan untuk membantu kelahiran ataupun senam kegel yang akan menguatkan otot-otot pada saat kontraksi selama melahirkan. Senam kegel dapat dilakukan setiap hari dan setiap saat, maka pastikan untuk melakukannya dengan rutin. Di kelas senam kehamilan, ibu juga akan memperoleh berbagai informasi yang berhubungan dengan kelancaran kehamilan.

Jika ini adalah kehamilan pertama ibu, maka akan sangat wajar jika ibu mengalami rasa gugup yang luar biasa dan mengatur emosi adalah hal yang harus dialkukan. Di senam kehamilan kehamilan trimester 3, ibu akan diajarkan untuk tenang dan mengatur emosi. Jika ini adalah kehamila kedua atau ketiga ibu, maka bukan berarti ibu tidak perlu senam hamil atau melatih otot. Harus diingat bahwa otot akan kencang dan kuat jika dilatih. Maka dari itu, akan sangat berguna jika ibu tetap melatih otot dan pernafasan pada kehamilan trimester ketiga agar proses kelahiran dapat berjalan dengan lancar.

Berbelanja Kebutuhan Bayi dan Ibu

Pada kehamilan trimester 3, beberapa ibu tidak ingin keluar dari rumah karena merasa tidak enak badan atau gugup, tetapi ada juga ibu yang ingin selalu keluar rumah untuk mengalihkan rasa gugup dan tidak enak badan. Lakukan apa yang membuat ibu nyaman dan jika ibu belum membeli perlengkapan bayi dan ibu, maka berbelanja bisa menjadi terapi yang baik untuk mengatasi rasa gugup. Jika ibu berbelanja, maka pastikan untuk didampingi orang terdekat, jadi saat ibu lelah atau merasa tidak enak badan aka nada yang membantu ibu. Usahakan badan selalu bugar pada kehamilan trimester ketiga.

Related Posts

  1. Apa yang Harus Dilakukan Calon Ibu pada Kehamilan Trimester Pertama?
  2. Tips untuk Ibu di Kehamilan Trimester Kedua
  3. Apa yang Terjadi pada Usia Kehamilan 3 bulan ?
  4. Kematangan Kandungan pada Usia Kehamilan 9 Bulan
  5. Manfaat Senam Hamil Untuk Kelancaran Proses Kehamilan
  6. Hipertensi Pada Kehamilan Dapat Diminimalisir

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Cara Cepat Hamil December 14, 2012 at 7:18 pm

kehamilan tri semester ketiga sudah mulai berjaga-jaga akan persalinan :)

Reply

tips kesehatan May 14, 2012 at 3:12 pm

tri semester ke tiga,persiapan untuk melahirkan..

:)

Reply

Leave a Comment