Manfaat Yoga bagi Kesehatan Tubuh

by syakur on May 16, 2012

manfaat yoga Manfaat Yoga diketahui telah terbukti secara ilmiah untuk kesehatan tubuh kita. Penyakit-penyakit berat diyakini dapat dikontrol jika kita melakukan dengan teratur. Waktu terbaik melakukan latihan ini adalah saat fajar atau bisa saja kita mempraktekkannya larut malam. Dianjurkan dilakukan saat perut kita sedang kosong dan berada pada tempat yang bersih serta sirkulasi udara yang baik. Selain itu, lingkungan juga harus bebas dari segala gangguan, tidak berisik. Tidak lupa pakaian yang digunakan juga sebaiknya yang nyaman. Tidak perlu memakai alas kaki. Dan satu hal yang penting yaitu menjadikan latihan ini sebagai suatu kebiasaan kita.

Yoga Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik

Dengan melakukan latihan yang bisa dikatakan memiliki nilai seni ini, kita bisa mengambil manfaat untuk fisik tubuh kita. Manfaat dari yoga secara fisik sendiri meliputi fleksibilitas, kekuatan, mengembangkan otot, dan mencegah nyeri. Dengan melakukan gerakan-gerakan yang dapat membantu meregangkan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh, kelenturan tubuh kita akan meningkat. Beberapa pose juga mengharuskan kita harus menopang berat dari tubuh. Oleh karena itu jika melakukan latihan dengan perpindahan satu pose ke pose lain akan meningkatkan pula kekuatan kita. Dengan peningkatan fleksibilitas serta kekuatan dari tubuh kita tentunya akan mencegah sakit punggung. Hal lain dari manfaat yoga secara fisik adalah pengencangan otot serta peningkatan dari massa otot.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental

Bentuk latihan ini memang menekankan tingkat konsentrasi yang tinggi. Dengan konsentrasi tinggi, tentunya memiliki pengaruh positif terhadap ketenangan pikiran. Teknik meditasi merupakan kunci dari penenangan pikiran. Tentunya hal ini dapat mengurangi serta mencegah terjadinya stres. Selain itu jika kita lakukan secara teratur, manfaat yoga akan berkembang menjadi kearah peningkatan kesadaran serta kesiagaan tubuh.

Yoga Untuk Si Kecil

Tidak hanya untuk dewasa, anak kecil pun dapat melakukan latihan yoga ini. Pendekatan yang dilakukan tentunya berbeda. Anak kecil cenderung diajak untuk bermain. Jika dilakukan dengan rutin tentunya perkembangan serta pertumbuhan mereka akan mendapatkan dampak positif. Anak tentunya masih berada dalam masa pertumbuhan, sehingga akan berperan pada otot, tulang, mobilitas gerak motorik kasar serta fleksibilitas mereka. Selain itu, kinerja dari hormon tubuh menjadi lebih seimbang. Mengenai fungsi secara kognitif tentunya diharapkan mampu melatih memori serta konsentrasi mereka. Gerakan yang mengharuskan dilakukan secara kontinyu dan berulang-ulang menjadi kuncinya. Satu hal utama yang bisa ditekankan adalah membantu anak untuk belajar berpikir meniru gerakan dengan benar. Bagi anak kecil meniru gerakan memang membutuhkan kreativitas. Jika latihan ini dilakukan dengan baik serta secara teratur juga diharapkan peran dari orang tua. Pendampingan orang tua atau jika perlu mereka melakukan bersama ibu akan menjaga hubungan dekat antara orang tua dan anak. Dengan adanya pendampingan diharapkan juga manfaat yoga semakin bisa dirasakan oleh si kecil.

Related Posts

  1. Yoga: Solusi Untuk Hidup Sehat
  2. Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan
  3. Manfaat Belut Bagi Kesehatan
  4. Manfaat Konsumsi Kentang Bagi Tubuh Kita
  5. Kebutuhan Gizi Sangat Penting Bagi Kesehatan Tubuh
  6. Betapa Istimewanya Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

Cara Cepat Hamil December 12, 2012 at 4:43 pm

yoga memang banyak manfaat :)

Reply

tips kesehatan October 21, 2012 at 9:09 am

yoga penting dilakukan ,kerena manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan jasmani dan rohani

saya suka yoga :)

Reply

informasi August 3, 2012 at 12:01 pm

manfaat yoga memang sudah terbukti untuk membuat tubh lebih sehat..
thanks infonya :)

Reply

tips kesehatan May 16, 2012 at 6:34 pm

sehat murah meriah ala yoga,,
sangat perlu melakukan yoga untuk menyehatkan jasmani dan rohani

thanks infonya

:)

Reply

Leave a Comment