Untung dan Rugi Pengobatan Tradisional

by syakur on May 30, 2012

jamu obat tradisional Pengobatan tradisional merupakan suatu metode yang digunakan untuk berusaha menyembuhkan pasien dengan tidak menggunakan metode kedokteran melainkan menggunakan obat-obatan tradisional. Obat tradisional ini bisa berasal dari hewan, tanaman, dan mineral. Umunya obat tradisional berasal dari tanaman, padahal dosis yang diperlukan bila menggunakan tanaman lebih besar dibanding dengan hewan dan mineral. Saat ini pengobatan dengan metode tradisional tersebut mulai digemari masyarakat sebagai alternatif pengobatan apabila mereka merasa tidak puas dengan hasil yang didapatkan melalui metode kedokteran. Meskipun begitu terdapat kontraindikasi dalam pengobatan tradisional. Hal ini dikarenakan belum adanya penelitian lebih dalam mengenai efek samping baik positif maupun negatif terhadap metode dan obat tradisional yang digunakan.

Obat Tradisional

Obat tradisional ini cenderung digunakan dalam metode pengobatan tradisional. Obat tradisional kebanyakan berasal dari tanaman hal ini dikarenakan lebih mudah mendapatkan tanaman yang memiliki khasiat pengobatan dibanding dengan hewan dan mineral. Selain itu banyak tanaman liar yang dianggap tidak penting dan tidak dibutuhkan ternyata memiliki khasiat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Sedangkan hewan banyak yang saat ini telah punah dan menjadi satwa yang dilindungi, karena itu sulit untuk menjadikan hewan sebagai alternatif pengobatan. Beberapa contoh tanaman yang biasa dijadikan sebagai alternatif pengobatan diantaranya rumput teki, pelepah pisang, daun markisa, daun salam, akar rimpang dlingo, dan masih banyak lagi tanaman lainnya yang luput dari perhatian kita. Hewan-hewan yang saat ini masih dijadikan sebagai alternatif pengobatan diantaranya kelelawar, lintah, bekicot, ular, cacing dan masih ada beberapa hewan lain yang memiliki khasiat sebagai tanaman obat.

Kelebihan Pengobatan Tradisional

Tentunya terdapat kekurangan dan kelebihan di setiap hal. Maka dalam hal ini dibahas mengenai kelebihan dari pengobatan tradisional. Obat tradisional yang digunakan umumnya memiliki efek samping yang saling melengkapi apabila dijadikan sebagai ramuan dengan campuran berbagai tanaman obat. Memiliki efek samping baik positif maupun negatif yang relatif rendah. Dalam satu tanaman obat dapat memiliki efek farmakologi lebih dari satu.

Kekurangan Penggunaan Obat Tradisional

Bebagai kekurangannya antara lain dosis atau takaran yang dilakukan harus tepat karena apabila tidak sesuai dapat memberikan efek negatif. Hal ini karena umumnya obat tradisional belum ditentukan dosis yang tepat bagi pasien. Selain itu, pemilihan jenis tanaman obat harus disesuaikan dengan sejarah penyakit sebelumnya. Maka dari itu dalam melakukan pengobatan tradisional harus berhati-hati.

Related Posts

  1. Yang Perlu Diketahui Tentang Ramuan Tradisional
  2. Kelebihan Obat Tradisional
  3. Obat Tradisional Penyakit Hipertensi
  4. Jamur Merang Alternatif Pengobatan Tradisional
  5. Pengobatan Alternatif Kanker Payudara
  6. Manfaat Kencur: Obat Tradisional, Obat Modern, Bahan Kosmetik

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

tips kesehatan November 6, 2012 at 4:38 pm

setiap ada kelebihan,pasti ada kekurangan obat tradisional

Reply

tips kesehatan June 4, 2012 at 9:04 am

wah,obat tradisional ada efeknya toh,,

thanks infonya

:)

Reply

Leave a Comment