Obat Generik Solusi Murah Pengobatan

by syakur on May 30, 2012

obat generik Obat generik adalah sebutan bagi obat yang telah habis masa paten sehingga berhak diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa harus membayar royalti. Jenisnya ada dua yakni yang bermerek dagang dan jenis lain adalah berlogo yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya. Jenis bermerek akan mencantumkan kandungan zat aktif sebagai mereknya. Sedangkan jenis berlogo merupakan salah satu dari program pemerintah sejak tahun 1989 dengan tujuan memberikan alternatif obat bagi masyarakat dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, serta ketersediaan obat yang cukup.

Kelebihan Obat Generik

Jika dibandingkan dengan obat yang bermerek, obat generik memang memiliki harga yang lebih rendah dengan kandungan yang sama. Mengapa harganya bisa lebih murah itu dikarenakan pembuat jenis obat ini tidak perlu menanggung biaya tinggi untuk riset yang mendalam karena pembuat obat sebelumnya telah melakukannya. Hal ini mengakibatkan harganya lebih murah. Obat bermerek biasanya dilindungi hak patennya selama jangka waktu 20 tahun. Dalam jangka waktu itu hanya pembuat asal yang berhak menjual obat. Setelah lewat masa waktu tersebut, pembuat obat lain bisa memohon untuk menjual obat yang sama dengan versi generik.

Kelebihan lain dari obat generik adalah tidak memerlukan resep dokter. Biasanya bisa dibeli pula langsung di pasaran. Biasanya dicantumkan pula apa saja kontra indikasi, indikasi, serta efek samping dari obat untuk membantu para pelanggan memilih. Salah satu kelebihan lainnya dari sisi produsen adalah produsen tidak perlu terlalu repot membuat iklan karena biasanya pabrik asli atau produsen asli telah mengeluarkan iklan dan biasanya para pelanggan atau masyarakat sudah sadar dan memahami mengenai obat tersebut.

Keamanan Penggunaan Obat Generik

Mengenai zat aktif yang dikandung obat paten dengan generik sebenarnya sama saja. Oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir mengenai keamanan. Jika alasannya adalah harga, hal tersebut tentunya dikarenakan perbedaan biaya riset. Dengan fungsi obat dan efek yang sama terhadap tubuh, seharusnya masyarakat tidak perlu ragu lagi terhadap penggunaan obat jenis ini. Tentunya tenaga kesehatan juga harus mendukung pemakaian obat generik terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Related Posts

  1. Hubungan Obat Paten dan Obat Generik
  2. Obat Tidur Yang Aman Solusi Bagi Penyakit Insomnia
  3. Solusi Hidup Sehat Bersama Masakan Jamur
  4. Untung dan Rugi Pengobatan Tradisional
  5. Kelebihan Obat Tradisional
  6. Manfaat Habbatussauda Sebagai Obat Untuk Berbagai Macam Penyakit

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

tips kesehatan November 6, 2012 at 4:39 pm

obat generik tak kalah dengan obat mahal lainnya..
dengan kualitas yang sungguh bermanfaat :)

Reply

tips kesehatan June 4, 2012 at 9:07 am

nice artikel
thanks for info :)

Reply

Leave a Comment