Manfaat Belut Bagi Kesehatan

by syakur on June 6, 2012

salah satu hasil olahan daging belut - belut balado Kini, manfaat belut tidak lagi menjadi salah satu bahan makanan hewani, melainkan mampu merambah ke arah bidang kesehatan. Belut menjadi salah satu bahan makan yang dikenal di Indonesia, Jepang, Korea, bahkan negara sebesar Inggris. Di Indonesia seperti yang kita tahu telah menjadi salah satu bahan makanan favorit, biasanya masyarakat akan menyandingkannya dengan lalapan. Sedangkan di Jepang dan Korea sendiri, belut menjadi salah satu hewan yang dipercaya memiliki manfaat dalam hal stamina pria yang bisa meningkatkan gairah seksual. Kemudian di Inggris, terutama di London Timur, sejak lama telah menjadikan hewan yang berbentuk mirip ular ini menjadi makanan tradisional.

Kandungan Belut

Ternyata, belut mengandung begitu banyak zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan gizinya di antaranya adalah kolesterol, sodium, protein, air, kalori tinggi, asam lemak tak jenuh Omega 3, asam lemak tak jenuh total Omega 6, vitamin A, vitamin C, vitamin E, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, folate, vitamin B12, pantothenic acid, choline, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, zinc, mangan dan selenium. Kandungan–kandungan tersebut maksimal berada dalam daging belut sebesar 204 gram saja. Mengetahui kandungan gizi sebanyak itu tentunya tidak meragukan lagi jika manfaat belut telah menjadikannya salah satu sumber pengobatan yang bersumber dari hewani.

Khasiat Belut

Mengenai khasiat atau manfaat daging belut sendiri bagi kesehatan salah satunya adalah untuk kesehatan jantung kita. Dengan mengonsumsi daging belut maka akan menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk penyempitan pembuluh darah jantung. Penyempitan pembuluh darah jantung tentunya menjadi momok yang menakutkan bagi kita semua, terutama bagi mereka yang telah memiliki faktor risiko. Oleh karena itu kenapa tidak kita mengambil manfaat belut dari sini.

Selain untuk kesehatan jantung kita, daging belut juga mengandung khasiat untuk kesehatan penglihatan, perkembangan fungsi syaraf pusat, serta tentu menormalkan tekanan darah di otak. Hal inilah yang menjadikan alasan mengapa Jepang telah marak dijual kapsul suplemen makanan dengan bahan utama belut. Beberapa penelitian juga menjelaskan bahwa diketahui manfaat belut pada pengurangan risiko dari diabetes mellitus tipe dua.

Related Posts

  1. Manfaat Konsumsi Kentang Bagi Tubuh Kita
  2. Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Kita
  3. Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan
  4. Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Kita
  5. Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan
  6. Rangkuman Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Cara Cepat Hamil

{ 5 comments… read them below or add one }

heriyanto February 1, 2013 at 5:59 am

Saya suka mengkonsumsi belut karena kaya akan gizi serta menambah stamina pria,apa lagi jika rutin mengkonsumsinya.

Reply

Ical Lawyer November 26, 2012 at 8:38 am

daging belut lebih nyaman kalau dimasak pedas

Reply

tips kesehatan October 23, 2012 at 4:26 pm

daging belut enak ,tak disangka banyak manfaat..
utamanya kandungan protein nya cikup busa diandalkan..
mantappp :)

Reply

informasi August 20, 2012 at 10:39 am

belut enak dan banyak manfaat :)

Reply

tips kesehatan June 7, 2012 at 3:27 pm

belut ternyata kaya manfaat
thanks infonya
:)

Reply

Leave a Comment