Tahukah Anda Tentang Buah Tin ?

by alisha on June 7, 2012

buah tin Buah tin adalah sejenis buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Nama buah tin diambil dari bahasa Arab. Buah tin atau yang memiliki nama ilmiah Ficus carica ini sebenarnya masih kerabat dengan pohon beringin dan tumbuh mulai dari daerah Balkan sampai dengan Afghanistan dan saat ini mulai dibudidayakan di berbagai tempat lain di penjuru dunia.

Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi mendengar nama buah tin, karena buah ini juga dijadikan nama surat pada kitab suci orang islam. Tetapi mungkin bagi sebagian orang nama buah tin mungkin masih terdengar asing, bahkan belum banyak orang yang pernah mencicipi kelezatan buah tin. Di Indonesia saat ini ada beberapa tempat yang sudah mulai membudidayakan buah tin. Meskipun pada mulanya pohon tin tidak dapat ditemukan di Indonesia, namun saat ini kita mulai banyak menemukan bibit pohon tin maupun buah tin yang dijual di pasaran.

Manfaat Dan Kandungan Buah Tin

Buah tin merupakan buah yang tidak mengenal musim, jadi pohon tin berbuah sepanjang tahun. Buah tin merupakan buah yang istimewa, selain karena keunika buah ini juga karena manfaatnya bagi kesehatan. Buah tin memiliki banyak varietas, salah satu varietas buah tin yang paling terkenal di negeri ini adalah buah tin Yordan. Kenunikan buah ini adalah semakin warnanya hitam, semakin manis rasa buahnya.

Banyak manfaat yang dapat kita perloleh dari buah tin. Buah tin mengandung kalium, omega 3 dan omega 6 yang berfungsi menjaga tekanan darah tinggi serta serangan penyakit jantung koroner. Buah tin juga bermanfaat untuk menangkal serangan penyakit kanker prostat karena mengandung coumarin. Buah tin juga kaya akan kalsium sehingga dapat memelihara kesehatan tulang agar tidak keropos dan terhindar dari osteoporosis dan mampu meningkatkan kepadatan tulang.

Buah tin juga memiliki kandungan tryptophan yang bermanfaatuntuk peningkatan kualitas tidur yang baik serta mencegah insomnia. Kandungan pectin pada buah tin juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Buah tin juga kaya akan serat, sehingga sangat baik untuk membantu proses penurunan berat badan.

Related Posts

  1. Yang Perlu Anda Tahu Tentang Buah Labu
  2. Semua Tentang Buah Sukun
  3. Mengenal Tentang Buah Salak
  4. Mengenal Lebih Jauh Tentang Buah Pala
  5. Tahukah Anda Manfaat Bawang Merah ?
  6. Sekilas Tentang Manfaat Buah Semangka

Cara Cepat Hamil

{ 6 comments… read them below or add one }

awan June 16, 2013 at 10:31 am

Numpang promo buk,,,
Bibit Buah Tin, Zaitun, Durian Pelangi di Jogja dan Magelang
Hub. Awan 087839145118

Reply

tips kesehatan October 23, 2012 at 4:38 pm

buah tin susah dicari di daerahku …

Reply

Pankrasius Arwiyadi August 21, 2012 at 10:30 am

Mohon maaf semuanya. Buah ini sebetulnya ada yang asli dari Indonesia. Anda boleh datang ke kampung saya di Kalimantan Barat. Buah ini banyak di sana, dan jenisnya memang agak berbeda. Namun dari daun, batang, sampai buahnya sama. Yang membedakan adalah warna matangnya. Di sana berwarna merah. Ada berbagai jenis di sana. Ada yang ketika buahnya masih muda berwarna kuning, ada juga yang berwarna hijau, ada pula yang berwarna hijau namun buahnya sedikit berbulu. Nama buah ini di sana disebut dalam bahasa dayak pompangk RINGKANT, dalam bahasa dayak hibun HINGKANG, dan bahasa melayu LANGKAN. Datanglah untuk melakukan penelitian. Indonesia itu kaya Bung, kaya akan keberagaman tumbuhannya.

Reply

informasi August 20, 2012 at 10:41 am

buah ini kurang terkenal

Reply

abu Ali August 8, 2012 at 5:38 am

bismillah. buah tin adalah salah satu dr beberapa buah yg berbarokah.maka sdh sharusnya buah tin bqanyak manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan manusia. ada beberapa varietas saya punyai, diantaranya black ischia italia. salam kenal buat ibu dokter,semoga info kesehatan ibu banyak memberi manfaat bagi ummat.

Reply

tips kesehatan June 9, 2012 at 12:33 pm

mantap juga khasiat buah tin
thanks infonya :)

Reply

Leave a Comment