Tidak Hanya Enak, Kacang Panjang Berikan Sejumlah Manfaat

by syakur on June 15, 2012

kacang panjang Siapa coba yang tidak mengenal kacang panjang, jenis makanan ini sering kali ada dalam menu masakan sehari-hari. Kacang ini memiliki ukuran yang panjang dan berwarna hijau, terdapat biji didalamnya. Kacang panjang sering kali diolah menjadi masakan yang enak dan gurih untuk disantap. Diolah menjadi masakan seperti oseng-oseng, lalapan hingga sayur berkuah. Selain rasanya yang enak, kacang ini juga murah dan sangat mudah untuk ditemukan. Jika telah disulap menjadi menu masakan enak siapa pun pasti akan sangat menyukainya. Baik anak-anak hingga orang dewasa sekalipun sebab sangat aman untuk dikonsumsi. Namun selain rasanya yang gurih dan dapat diolah menjadi masakan, kacang ini juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Dari Kacang Panjang

Kacang panjang atau vigna sinensis ini juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Kacang yang tergolong kedalam jenis sayuran ini snagat berguna mengendalikan kadar gula dalam darah, mengatasi hipertensi, memperkecil resiko stroke dan serangan jantung. Selain itu bisa meningkatkan fungsi organ pencernaan, menurunkan risiko kanker dan mengatasi sembelit. Kacang panjang rupanya dapat dijadikan sebagai obat seperti mengobati rematik, arthritis serta gangguan pada saluran kemih. Bagi mereka yang sering mengalami jerawat, maka dengan mengkonsumsi kacang ini bisa membantu membersihkan kulit dari jerawat. Kacang ini juga cocok untuk penyembuhan pada luka bakar, mengatasi eksim pada anak-anak serta gangguan fungsi ginjal.

Kandungan Zat Dalam Kacang Panjang

Kacang panjang memiliki beberapa kandungan zat yang baik untuk tubuh. Seperti betakaroten, klorofil, vitamin B1 dan B2 serta serat pektin yang ada dalam biji dan kulit kacang panjang. Dengan mengkonsumsi kacang ini tentu mampu memenuhi nilai takaran gizi kita setiap harinya. Sebab kacang ini seimbang akan kandungan gizinya.

Pemanfaatan Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui bagaimana kandungan zat serta gizi yang terdapat didalam kacang ini, pemanfaatannya bisa diupayakan untuk mereka yang mengidap penyakit. Bagi mereka yang mengidap penyakit kanker dan leukimia, mengkonsumsi kacang ini bisa memperkecil resiko terjadinya keluhan. Dengan menumis, merebus atau menjadikannya lalapan menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Tidak hanya itu, kacang panjang bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya pada jenis tanaman herbal lainnya.

Related Posts

  1. Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan
  2. Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Kita
  3. Kacang Polong Sebagai Sumber Protein Nabati Terbaik
  4. Kacang Tanah Kaya Akan Kandungan Zat Bermanfaat
  5. Selain Tubuh, Kacang Mete Baik Untuk Otak
  6. Jamur Shitake Berikan Sumbangsih Dunia Kesehatan

Cara Cepat Hamil

{ 5 comments… read them below or add one }

dachlan rangkuti November 26, 2012 at 8:34 pm

belakangan ini ahli pengobatan Cina menginformasikan bhw kacang panjang yg diblender sebanyak 12 bh dicampur dgn satu bh tomat merah, sangat bermanfaat utk mengobati penyakit diabetes. Diminum 2x sehari pagi dan sore. besoknya bisa dicek kadar gula darah turun. sudah banyak yg berhasil dan saya sudah buktikan sendiri. ini membuktikan bhw manfaat kacang panjang sangat banyak utk berbagai pengobatan tanpa efek samping, murah, dan efektif.

Reply

Achmad Ubaidillah November 28, 2013 at 9:31 am

Mohon infonya, Apakah kacang panjang yang tua?, sebab ada yang bilang begitu. Lalu minumnya sampai kapan?

Terimakasih

Reply

tips kesehatan October 23, 2012 at 7:07 pm

betulll,,,
tak hanya enak dimakan tetapi memebrikan kita manfaat yang sangat banyak

makasi kacang panjang :)

Reply

informasi August 20, 2012 at 10:48 am

saya suka kacang panjang ,apalagi dibuat tumis,,mantappp :)

Reply

tips kesehatan June 19, 2012 at 9:14 am

mantap
thanks infonya :)

Reply

Leave a Comment