Kacang Polong Sebagai Sumber Protein Nabati Terbaik

by syakur on June 15, 2012

kacang polong Salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi oleh kita adalah kacang polong. Jenis kacang ini rasanya sangat enak, dapat dicampurkan kedalam masakan. Kacang ini juga baik untuk kesehatan tubuh kita, dengan memiliki nutrisi yang cukup maka mengkonsumsi kacang ini tidak akan rugi. Protein nabati yang terdapat pada kacang membuat asupan nutrisi pada tubuh tetap optimal. Kaya akan serat serta warna hijau alaminya yang sehat. Kacang yang bisa dikenal kacang ercis ini berasal dari bahasa Belanda, namun kacang ini juga banyak terdapat di Indonesia. Di Belanda, kacang ercis ini dikonsumsi sebagai sayuran atau dijadikan sebagai salad. Salad dikenal sebagai jenis penganan yang sehat dan mengandung banyak vitamin.

Kandungan Gizi Kacang Polong

Kacang polong tidak hanya dapat dibuat menjadi bahan masakan, namun perlu diketahui juga kacang ercis ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh. Kacang ini dikenal sebagai sumber protein nabati terbaik, untuk 100 gram kacang ercis kandungan protein nabatinya sebanyak 8 gram. Untuk itulah jika dikonsumsi mampu memenuhi takaran nilai gizi sehari-hari. Selain itu terdapat pula berbagai vitamin seperti vitamin A, B, B1 dan B12. Dalam daging kacang sebetulnya mengandung banyak serat sehat yang baik untuk sistem pencernaan. Jika kita merasa sembelit maka sangat baik mengkonsumsi kacang ini. Mampu menekan kolestrol jahat pada tubuh.

Manfaat Kacang Polong

Kacang polong selain sehat juga ternyata baik untuk kesehatan kulit. Kulit juga membutuhkan banyak nutrisi sebagai proses perkembangannya. Kulit yang sehat berarti mampu meregenerasi sel-sel yang ada setelah mengalami pergantian. Kacang polong juga sering dijadikan sebagai bahan krim wajah, sebab kandungan vitaminnya sangat baik untuk kulit.

Hasil Olahan Kacang Polong

Jika kita lebih cerdas berkreasi sebenarnya kacang-kacangan seperti ercis ini dapat diolah menjadi penganan enak dan sehat. Misalnya dicampur pada sup, sayuran berkuah, capcay, nugget, hingga tumisan. Tentu cara pengolahannya pun harus tetap dijamin sehat agar tidak mengurangi segala nutrisi yang ada pada kacang polong.

Related Posts

  1. Manfaat Protein Nabati bagi Tubuh
  2. Bayam Sebagai Sumber Zat Besi Bagi Tubuh
  3. Sumber Protein Yang Baik Bagi Tubuh
  4. Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan
  5. Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Kita
  6. Kacang Merah Bebas Dari Lemak Dan Kolestrol

Cara Cepat Hamil

{ 1 comment… read it below or add one }

tips kesehatan October 23, 2012 at 7:12 pm

wah sangat bagus..
protein nabati yang sehat buat tubuh :)

Reply

Leave a Comment