Cara Kerja Enzim Dalam Tubuh

by syakur on September 14, 2012

cara kerja enzimCara kerja enzim tentu menjadi bagian yang tak bisa terhindarkan jika kita mempelajari mengenai metabolisme tubuh kita. metabolisme merupakan keseluruhan reaksi kimia dalam sel yang melibatkan enzim sebagai biokatalisator. Biokatalisator sendiri merupakan zat yang dapat mempercepat reaksi yang terjadi di dalam sel makhluk hidup. Enzim yang berfungsi sebagai biokatalisator tersususn atas senyawa protein dan non protein.

Komponen Komponen Enzim

Secara kimiawi enzim tersusun atas dua bagian, yaitu bagian protein (apoenzim) dan bagian bukan protein (gugus prostetik). Apoenzim merupakan bagian enzim aktif yang tersusun atas protein dan mudah berubah (labil) terhadap faktor lingkungan, misalnya pH dan suhu. Sedangkan gugus protestik merupakan gugus yang tidak aktif, berupa unsur–unsur logam, seperti besi, mangan, magnesium, atau natrium yang disebut kofaktor. Gugus prostetik juga dapat berupa bahan organik bukan protein, seprti vitamin B yang disebut Koenzim. Komponen–komponen ini lah yang nantinya akan berperan dalam cara kerja enzim.

Cara Kerja Enzim

Mekanisme kerja enzim beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: menciptakan lingkungan dengan transisi terstabilisasi untuk menurunkan energi aktivasinya. Salah satu cara kerja ini misalnya adalah dengan mengubah substrat. Cara kerja enzim yang lain adalah dengan menurunkan energi transisi dengan menciptakan lingkungan yang terdistribusi muatan berlawanan dan tanpa mengubah bentuk substrat sedikit pun. Enzim juga mampu membentu lintasan reaksi alternatif. Selain itu mampu menggiring substrat pada orientasi yang tepat untuk bereaksi, dengan cara menurunkan perubahan entropi reaksi.

Teori Kerja Enzim

Salah satu teori kerja enzim adalah teori gembok dan anak gembok. Teori ini digambarkan seperti gembok yang memiliki susunan mekanika khusus yang tersembunyi di dalam badan gembok. Untuk dapat bergerak membuka dan mengunci, formasi mekanika tersebut harus digerakkan dengan anak gembok yang bentuknya spesifik, sesuai dengan gemboknya. Satu anak gembok hanya bisa digunakan untuk menggerakkan satu jenis gembok. Prinsip kerja gembok–anak gembok ini sangat sesuai denga ngambaran cara kerja enzim beserta substratnya di dalam tubuh.

Related Posts

  1. Fungsi Enzim Dalam Tubuh Manusia
  2. Enzim dan Proses Pembentukannya Dalam Tubuh
  3. Enzim Pencernaan dalam Tubuh
  4. Peran Dan Kerja Enzim Katalase
  5. Pentingnya Enzim Amilase Bagi Tubuh
  6. Kesehatan dan keselamatan kerja menjadi milik bersama

Cara Cepat Hamil

{ 1 comment… read it below or add one }

tips kesehatan November 6, 2012 at 4:59 pm

nice artikell
thanks infonya :)

Reply

Leave a Comment