Fungsi Enzim Dalam Tubuh Manusia

by alisha on September 27, 2012

fungsi enzimEnzim menjadi unsur yang terpenting bagi tubuh dalam berproses. Sebenarnya kita perlu mengenal tentang fungsi enzim bagi tubuh kita. Tubuh manusia merupakan satu kesatuan yang sangat rinci dan begitu kompleks. Terdiri dari beberapa sistem yang padat sehingga menjadikan manusia bisa melakukan akitifitas. Tubuh manusia juga akan mengalami berabagi reaksi kimia yang masih alamiah. Prosesnya biasanya berlangsung dengan cepat dan teratur, setiap harinya manusia akan menerima asupan makanan dan minuman sebagai penunjang hidup. Namun tahukah anda, jika enzim merupakan bagian terpenting yang bisa membuat metabolisme tubuh menjadi lancar. Enzim akan terus berproses dengan menerima dan menghasilkan sesuatu bagi tubuh.

Fungsi Enzim Bagi Tubuh

Fungsi enzim sebagai katalis atau senyawa yang bisa mempercepat terjadinya proses reaksi tanpa dirinya sendiri habis karena proses reaksi. Zat penting ini untuk melepaskan molekul uap air dalam tubuh, pelepasan unsur dan zat kimiawi lainnya, melepaskan molekul-molekul, gugus amin serta banyak lagi. Semua itu bertujuan untuk memperlancar proses pencernaan serta metabolisme pada tubuh. Enzim bisa mengolah zat-zat baru yang masuk kedalam tubuh sehingga ada proses lainnya yang berubah. Misal pada gula, dengan enzim maka rasa manis pun dapat terasa. Enzim yang berfungsi sebagai penghancr makanan ketika sedang mengunyahnya didalam mulut. Seluruh kinerja organ tubuh dibantu oleh adanya enzim.

Pola Hidup Sehat Tentukan Kesehatan Enzim

Meskipun hanyalah suatu zat kimiawi, namun fungsi enzim sangat besar bagi kehidupan. Tanpa enzim maka kita bisa saja tidak akan mampu mengunyah makanan, mengolah makanan dalam perut, pencernaan pun dapat terganggu. Enzim bekerja secara penuh, dengan pembetukan molekul-molekul zat yang mengimbanginya. Adanya berbagai reaksi yang terjadi adalah adanya cara kerja enzim.

Asupan Makanan Dikelola Oleh Enzim

Makanan yang kita makan tiap hari harus memiliki nutrisi cukup dan seimbang. Sebab enzim bekerja untuk mengolahnya serta menghasilkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun jika asupan makanan tersebut tidak maksimal maka manfaat yang dirasakan akan minim. Makanan sehat akan masuk dalam perut dan terjadinya proses reaksi kimia alamiah yang membuat fungsi enzim bertambah.

Related Posts

  1. Enzim dan Proses Pembentukannya Dalam Tubuh
  2. Enzim Pencernaan dalam Tubuh
  3. Cara Kerja Enzim Dalam Tubuh
  4. Pentingnya Enzim Amilase Bagi Tubuh
  5. Peran Dan Kerja Enzim Katalase
  6. Fungsi Vitamin dan Manfaatnya

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

atin April 15, 2013 at 5:41 pm

enzim itu seperti apa

Reply

tips kesehatan November 6, 2012 at 5:00 pm

nice artikel ..
thanks infonya :)

Reply

Leave a Comment