Kecambah Sangat Berbaik Untuk Kesehatan Tubuh

by syakur on October 25, 2012

kecambahKecambah sering kali kita temukan dalam jenis masakan sehari-hari. Baik itu pada tumisan, sayur berkuah atau kudapan berupa urapan. Kecambah adalah tumbuhan jenis sporofit muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Dalam tahap ini perkembangannya disebut sebagai perkecambahan dan merupakan satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan. Tumbuhan sporofit ini biasanya dibagi atas tiga bagian utama yaitu radikula atau akar embrio, hipokotil dan kotiledon atau daun lembaga. Mengkonsumsi kecambah sangat baik untuk kesehatan tubuh khususnya bagi kaum wanita. Zat yang terkandung dalam tumbuhan sporofit ini sangat berguna untuk menunjang kesehatan tubuh seseorang.

Kecambah Menimbulkan Khasiat Penting Untuk Tubuh

Selain enak untuk dikonsumsi, kecambah rupanya memiliki sejumlah khasiat atau manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat kecambah yang utama yaitu sebagai sumber pangan yang tergolong kedalam sayur-sayuran. Sayuran ini sangat kaya akan vitamin khususnya vitamin E. Terkait dengan hal tersebut, kandungan vitamin E yang cukup tinggi dalam kecambah berfungsi sebagai sumber antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu sayuran ini mampu mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan komponen aktif yang terkenal adalah peptide yaitu hasil dari penguraan protein oleh enzim protease. Fungsi peptide dalam kecambah berguna untuk menghambat kerja acethylcholine atau ACE. Sehingga mampu mencegah terjadinya hipertensi. Selain itu manfaat lainnya yaitu mencegah kerapuhan pada tulang, menurunkan resiko stroke dan jantung koroner, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melangsingkan tubuh, menghambat penuaan dini serta mencegah kanker payudara.

Kecambah Sebagai Peningkatan Kesuburan

Selain berfungsi sebagai penunjang kesehatan dalam hal menangkal berbagai penyakit, kecambah juga berguna sebagai peningkat fungsi kesuburan pada kaum wanita dan pria. Bagi mereka yang belum dikaruniai anak, solusi pertama yang wajib ditempuh ialah banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan begizi. Terutama mengkonsumsi kecambah. Dipercaya mampu melindungi sel telur dan sperma dari berbagai kerusakan akibat adanya radikal bebas sebab terdapatnya vitamin E.

Beberapa Jenis Kecambah

Adapun beberapa jenis tumbuhan sporofit seperti kacang hijau atau taoge, kedelai, dan alfalfa. Semua itu merupakan jenis dari sporofit. Tentunya jenis-jenis diatas bisa dimanfaat dengan baik bagi kesehatan tubuh kita. Menjadi penganan yang tentunya lezat dan menyehatkan. Untuk itu mengkonsumsi kecambah memang diharuskan.

Related Posts

  1. Kebutuhan Gizi Sangat Penting Bagi Kesehatan Tubuh
  2. Daun Sambiloto, Si Super Pahit Untuk Kesehatan Tubuh
  3. Karbohidrat, Zat Yang Sangat Penting Untuk Makhluk Hidup
  4. Selain Tubuh, Kacang Mete Baik Untuk Otak
  5. Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Kita
  6. Asam Folat Sangat Penting Untuk Ibu Hamil

Cara Cepat Hamil

{ 3 comments… read them below or add one }

Enda September 19, 2013 at 8:25 am

Beruntunglah bagi anda yang suka makan toge…

Reply

Cara Cepat Hamil December 12, 2012 at 4:55 pm

kecambah penuh manfaat yang menyehatkan :)

Reply

tips kesehatan November 1, 2012 at 7:02 pm

kecambah itu enak dan menyehaatkan :)

Reply

Leave a Comment