Ilmu Kesehatan Masyarakat

by syakur on November 11, 2012

hidup sehatIlmu Kesehatan Masyarakat menurut profesor Winslow dari Universitas Yale adalah ilmu dan seni mencegah suatu penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyakarat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyakarkat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk kesehatannya. Kesehatan sangat diperlukan oleh setiap manusia.

Ilmu kesehatan masyarakat merupakan bagian yang sangat penting untuk dimengerti bagi para tenaga kesehatan. Dengan menguasai ilmu ini, tenaga–tenaga medis tersebut tidak hanya berusaha mencari cara menyembuhkan suatu penyakit namun mampu mendidik masyarakat bagaimana cara penanganan, pencegahan, serta bagaimana hubungan penyakit tersebut akan berdampak terhadap lingkungannya. Dengan ilmu ini diharapkan terciptnya masyarakat yang sehat baik secara fisik maupun mental.

Ruang Lingkup Kesehatan Masyarakat

Ruang lingkup dari ilmu kesehatan masyarakat sendiri ada delapan. Lingkup tersebut adalah epidemiologi, biostatistik, kesehatan lingkungan, pendidikan kesehatan dan perilaku, administrasi kesehatan masyarakat, gizi masyarakat, kesehatan dan keselamatan kerja, dan yang terakhir adalah kesehatan reproduksi.

Perbedaan Pelayanan Kedokteran dengan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Pelayanan kesehatan masyarakat tentu berbeda halnya dengan pelayanan kedokteran. Dari segi tenaga ahli atau pelaksana saja dapat kita ketahui jika untuk kedokteran tentu kita memakan tenaga para dokter, sedangkan untuk kesehatan masyarakat kita memilih untuk memakai mereka yang memang sudah ahli apda kesehatan masyakarat. Kedokteran lebih berfokus kepada bagaimana suatu penyakit disembuhkan sedangkan kesehatan masyarakat berfokus pada bagaimaan suatu penyakit tidak muncul atau lebih sering kita sebut bagaimana pencegahannya. Dari segi tanggung jawab seorang tenaga ahli juga terdapat perbedaan, untuk para dokter mereka hanya bertanggung jawab terhadap penderita atau pasien sedangkan tenaga ahli kesehatan masyarakat juga memiliki tanggung jawab ke seluruh masyarakat. Jika dibandingkan dengan ilmu kesehatan masyarakat, pelayanan kedokteran juga kurang terlalu memperhatikan efisiensi.

Related Posts

  1. Membentuk Kesadaran Untuk Kesehatan Masyarakat
  2. Sejarah Dan Peran Penting Ilmu Gizi
  3. Fungsi dan Tipe Rumah Sakit di Indonesia
  4. Kesehatan Kerja Tentukan Hasil Dari Produksi
  5. Kesehatan dan keselamatan kerja menjadi milik bersama
  6. Mitos Ibu Hamil Menjadi Kebiasaan Di Masyarakat

Cara Cepat Hamil

{ 1 comment… read it below or add one }

tips kesehatan November 15, 2012 at 9:22 am

hebat..
terobosan terbaru untuk memilih jurusann

Reply

Leave a Comment