Beberapa Yang Dijadikan Pantangan Ibu Hamil

by alisha on November 20, 2012

pantangan ibu hamilMasa kehamilan adalah masa yang rentan akan kondisi yang sensitif. Ada pantangan ibu hamil yang hingga kini menjadi pedoman bagi setiap wanita yang hamil. Ibu hamil memang tidak boleh seenaknya melakukan sesuatu hal atau mengkonsumsi makanan dan minuman sesuka hati. Sebab kondisi janin didalam rahim sangat memerlukan kenyamanan dan rasa aman dari hal-hal yang bisa memicu adanya gangguan. Ibu yang hamil biasanya tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan yang sifatnya memberatkan tubuh sebab dapat berisiko pada ibu hamil. Selain itu mengkonsumsi makanan dan minuman pun harus sesuai dengan kebutuhan ibu hamil, tidak melampaui batas serta memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi bagi tubuh ibu dan dan si janin dalam kandungan.

 

Pantangan Ibu Hamil Di Usia Kandungan Masih Muda

Pantangan ibu hamil tentu sangat beragam, mulai dari awal kehamilan hingga kandungan di usia tua. Pada saat usia kandungan masil muda, kondisi ibu hamil memang sangat rentan, sebab usia janin yang masih terlalu dini. Dalam hal tersebut janin akan sangat sensitif terhadap sesuatu yang baru dan asing yang masuk kedalam tubuh si ibu, baik itu makanan ataupun minuman. Ibu hamil muda sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman seperti teh, kopi, masakan kambing, durian, nangka, masakan tidak matang serta masakan yang berminyak. Sebaiknya ibu hamil muda dianjurkan untuk meminum air putih yang banyak, susu, serta sayur-sayuran.

Pantangan Lain Pada Masa Kehamilan

Semua ibu yang yang hamil memang perlu berhati-hati dan waspada terhadap segala kondisi. Terutama pada makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut ada beberapa pantangan ibu hamil yang wajib diikuti seperti dilarang untuk mengkonsumsi nanas. Nanas diduga dapat menyebabkan kandungan atau janin keguguran. Namun dalam dunia medis hal tersebut masih belum bisa dipastikan dengan jelas. Bisa saja terjadi akibat memakan nanas dalam jumlah yang banyak. kandungan zat dalam nanas yaitu terdapatnya enzim bromelain yang bisa mengganggu perut dan melunakkan jaringan ikat pada dinding rahim. Enzim inilah yang diduga menyebabkan keguguran. Jadi, jika bunda hendak mengkonsumsi nanas, makanlah dalam batas yang wajar.

Pantangan Lainnya Bagi Ibu Hamil

Selain dilarang memakan nanas, ada lagi beberapa pantangan bagi mereka yang sedang hamil seperti pantangan mengkonsumsi makanan setengah matang, makanan seafood, soft cheese, kafein, alkohol dan rokok. Hal-hal diatas merupakan pantangan ibu hamil.

Related Posts

  1. Hamil Muda Identik Dengan Pantangan
  2. Nutrisi Susu Ibu Hamil Sangat Diperlukan
  3. Kebutuhan Gizi Serta Nutrisi Ibu Hamil
  4. Makanan Ibu Hamil: Harus Bergizi dan Bervariasi
  5. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Kurangi Risiko Berbahaya
  6. Pentinya Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Cara Cepat Hamil December 15, 2012 at 7:22 pm

ibu hamil tidak boleh melanggar pantangan ini :)

Reply

tips kesehatan November 22, 2012 at 7:16 pm

ibu hamil juga memiiliki pantangan yang perlu dihindari..

Reply

Leave a Comment