Mengenal Gejala–Gejala Penyakit Kaki Gajah

by alisha on December 18, 2012

gejala penyakit kaki gajahGejala penyakit kaki gajah sangat penting sekali diketahui dan dipahami jika kita ingin mampu menangani dengan baik. Dengan mengetahui gejalanya diharapkan pula tidak terjadi sebuah cacat yang bersifat menetap pada penderita karena jika dibiarkan selama bertahun–tahun atau kronis dan tidak mendapatkan pengobatan maka risiko tinggi terjadinya prognosis buruk sangatlah mungkin. Maka sangatlah dibutuhkan perawatan yang intensif.

 

Pemeriksaan Pukul 8 Malam

Kita bisa mendiagnosa seseorang terserang penyakit kaki gajah berdasarkan gejala-gejala penyakit kaki gajah klinis akut atau kronis melalui pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan dilakukan dengan cara mengambil sampel darah pada jari si penderita. Sebaiknya pemeriksaan dilakukan pada pada pukul 20.00 waktu setempat. Karena pada saat malam hari mikrofilaria terdapat didalam darah tepi penderita. Jika memang ditemukan mikrofilaria didalam darah si penderita, maka orang tersebut telah dinyatakan terserang penyakit kaki gajah (filariasis).

Gejala yang Nampak

Gejala penyakit kaki gajah yang nampak pada penderita diantaranya adalah demam berulang-ulang selama 3-5 hari, demam dapat hilang bila si penderita beristirahat dan muncul lagi jika si penderita bekerja berat. Kemudian biasanya terjadi pula pembengkakan kelenjar getah bening, sehingga terlihat bengkak didaerah lipatan paha, ketiak yang tampak kemerahan, panas dan sakit. Selain itu terjadi pembesaran tungkai, lengan, buah dada dan buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas. Sedangkan untuk gejala kaki gajah kronis yaitu berupa pembesaran yang menetap (elephantiasis) pada tungkai, lengan, buah dada, dan buah zakar (elephantiasis skroti).

Diagnosa Kombinasi Penting

Menentukan apakah benar–benar terserang oleh filariasis tentu tidak hanya dapat dilihat dari gejalanya saja namun dengan pemeriksaan laboratorium diperlukan. Kombinasi dari diagnosa secara klinis dan laboratorium penting untuk dilakukan. Dengan melakukan diagnosa laboratorium yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa disarankan dilakukan pada pukul 20.00 tersebut maka kepastian atau diagnosa positif infeksi filaria dapat ditegakkan. Sedangkan untuk uji klinis dapat membantu menentukan apakah seseorang berada dalam keadaan akut atau kronis melalui gejala penyakit kaki gajah yang ditemukan.

Related Posts

  1. Mengenal Penyakit Kaki Gajah
  2. Cacing Filaria Penyebab Penyakit Kaki Gajah
  3. Mengenal Penyakit Autisme
  4. Mengenal Penyakit Bronkitis
  5. Mengenal Penyakit Rubella
  6. Cara Melangsingkan Perut Dengan Sederhana: Jalan Kaki

Cara Cepat Hamil

Leave a Comment