Penyebab Penyakit Degeneratif

by syakur on December 23, 2012

penyakit degeneratifPenyakit degeneratif atau sering disebut dengan penuaan dini sering kali mendera setiap orang dibelahan bumi ini. Degeneratif juga mampu menyerang setiap orang hingga dalam rentan waktu yang sangat cepat. Sebenarnya penyakit ini kini memiliki jenis mencapai 50 macam di dunia yang perlu diwaspadai. Dengan menyusulnya angka kematian yang kian meningkat. Penyakit tersebut belakangan ini sudah merambah ke penderita berusia 40 tahun. Padahal, dulu penyakit degeneratif bisa disebut sebagai penyakit yang mengiringi proses penuaan dan menyerang orang di atas usia 50 tahun. Penyakit ini a.l. diabetes, penyakit jantung, stroke, osteoporosis, alzheimer, kanker, dan parkinson.

Faktor Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif dapat disebabkan oleh fungsi atau struktur dari jaringan atau organ yang terkena mengalami perubahan lebih buruk dari waktu ke waktu. Faktor-faktor penyebab penyakit degeneratif sudah banyak dimiliki oleh masyarakat usia produktif (30-40 tahun). Pencetusnya a.l. karena keturunan, lingkungan, mutasi gen, usia tua, pola makan dan gaya hidup. Selain itu, kumpulan efek gaya hidup, termasuk stres, perkembangan industri makanan dan minuman, polusi udara dan faktor lingkungan yang terakumulasi selama bertahun-tahun, berkembang menjadi penyakit peradaban. Faktor makanan dan gaya hidup sering dituding sebagai penyebab tingginya kasus penyakit degeneratif di Indonesia. National Academy of Sciences dan lembaga lainnya memperkirakan bahwa faktor gizi bertanggung jawab untuk 60% kasus kanker pada wanita, dan sisanya pada laki-laki. masyarakat Indonesia belakangan ini mengonsumsi gula secara berlebihan. Gula mengandung banyak kalori. Selain itu, produk karbohidrat olahan seperti tepung yang warna putih, lebih cepat melepas kalori.

Radikal Bebas Penyebab Penyakit Degeneratif

Unsur bebas dari radikal bebas diluaran menyebabkan penyakit degeneratif mudah berkembang. Radikal bebas sangat merusak instnsitas pada kulit. Radikal bebas adalah suatu atom atau molekul yang mempunyai elektron yang tidak berpasangan. Elektron yang tidak berpasangan tersebut menyebabkan gerakan radikal bebas yang tidak terkendali dan saling bertabrakan sehingga timbul radikal bebas baru.

Namun penyakit ada penanganannya, seperti mengurangi efek radikal bebas dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Membiasakan pola hidup yang benar dan sehat serta rajin berolahraga. Sebab dengan begitu penyakit degeneratif akan sulit menghinggapi manusia.

Related Posts

  1. Obat Tradisional Penyakit Hipertensi
  2. Penyebab Penyakit Alzheimer Yang Sulit Dikenali
  3. Penyebab Penyakit Lupus
  4. Penyebab Osteoporosis : Faktor Genetik dan Gaya Hidup
  5. Penyebab Kanker Serviks
  6. Cacing Filaria Penyebab Penyakit Kaki Gajah

Cara Cepat Hamil

{ 1 comment… read it below or add one }

membesarkan penis March 14, 2014 at 10:15 am

Faktor makanan dan gaya hidup sering dituding sebagai penyebab tingginya kasus penyakit degeneratif di Indonesia

Reply

Leave a Comment