Gejala Diabetes Mellitus

by yusri on April 25, 2011

Gejala diabetes mellitus tidak selalu ada karena sebagian besar penderita diabetes bersifat asimtomatik (tidak menunjukkan gejala diabetes mellitus) artinya tidak ada gejala yang menunjukkan bahwa orang tersebut menderita.Mungkin anda bertanya kenapa? Karena sebagian dari penderita masih dalam tahap akut atau belum parah, dimana pada fase ini mereka biasanya tidak mengalami gejala diabetes mellitus yang khas, berbeda dengan mereka yang sudah kronik. Ini menginformasikan kepada anda bahwa semakin dini kita mengetahui diagnosis diabetes mellitus, maka akan semakin mudah untuk diobati. Jadi, Sesekali tidak ada salahnya anda memeriksakan kadar glukosa anda.

Hal yang sangat penting lagi, adalah ketika kita bisa mendiagnosis diabetes secara dini, maka mencegah komplikasi adalah hal yang akan dilakukan tenaga medis. Karena baik diabetes mellitus itu sendiri maupun komplikasinya akan berdampak pada penderita sendiri, keluarga, bahkan keturunannya kelak.

Gejala Diabetes Mellitus Secara Umum

Ada banyak gejala diabetes mellitus, bahkan untuk diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 memiliki gejala yang berbeda. Tetapi dalam kesempatan kali ini akan fokus tentang gejala diabetes yang paling umum.

Cepat Haus dan lelah

Penderita diabetes mellitus akan cepat merasa haus, kenapa? Karena mereka akan kekurangan glukosa, sebagian besar glukosa tidak dipakai dalam tubuh untuk energy, melainkan dibuang di urin (kencing)

Sering buang air kecil

Sisa-sia metabolisme glukosa yang seharusnya tidak dikeluarkan di urin malah dikeluarkan, sehingga massa urin semakin banyak di produksi ginjal.

Penglihatan kabur

Pernah tidak makan seharian dan penglihatan kabur? Begitulah jika anda kekurangan glukosa, tidak ada energi bagi tubuh.

Mual dan muntah

Bagi beberapa penderita akan merasa mual dan muntah, apalagi jika control makanan terhadap glukosa terlalu berlebihan

Tiba-tiba berat badan turun

Tidak mengherankan, pastinya anda bisa memakai nalar sendiri, karena bagi penderita diabetes mellitus sedikit mengelola glukosa tubuhnya menjadi energi.

Beberapa gejala diabetes mellitus yang lain seperti Retensi cairan (terutama di kaki), Penurunan toleransi terhadap dingin, Peningkatan denyut jantung, Kulit kering bersisik, Mati rasa jari dan jari kaki, berkeringat dengan keringat lengket, tremor (gemetar), Gelisah tanpa alasan yang jelas, penurunan konsentrasi.

Related Posts

  1. Penyakit Diabetes Mellitus
  2. Pengobatan Diabetes Mellitus
  3. Penyebab Diabetes Mellitus
  4. Sekilas Diabetes Mellitus
  5. Diet Sehat Untuk Diabetes
  6. Mengenal Gejala–Gejala Penyakit Kaki Gajah

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

tips kesehatan November 3, 2012 at 3:28 pm

gejala diabetes bertahap…

Reply

sopiah February 4, 2012 at 5:04 pm

assalamu’alaikum..umi zahra, ibu sy ada penyumbatan di kepala, beliau mengeluhkan telinga selalu berdengung, sdh diopname, pengobatan rutin, tapi msh skt bahkan memburuk akhirnya ibu sy memilih dibekam. Alhamdulillah setelah rutin dibekam mengikuti petunjuk pembekam, alhamdulillah skrg ibu sy sehat wal’afiat.

Reply

umizahra December 23, 2011 at 10:25 am

Assalamu’alaikum wr. wb. begini pak/buk, saya mau tanya, 4 bulan yang lalu saya obnam dirumah sakit dengan diagnosa vertigo dan gejala diabetes, waktu itu gula darah saya 163. Yang ingin saya tanyakan apakah bisa sembuh total bila masih gejala dan jika tidak bagai mana cara perawatannya? Dengan ukuran berapa tahun penderita diabetes dianggap lama? Apakah dihitung sejak awal gejala? Dan juga telinga saya setelah opnam hingga sekarang berdenging terus menerus tanpa henti apakah penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?Terimakasih.

Reply

riki June 3, 2011 at 6:26 pm

riki

Reply

Leave a Comment