Penyakit Jantung Bawaan

by yusri on May 3, 2011

penyakit jantung bawaan Penyakit jantung bawaan adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk kepada serangkaian cacat lahir yang mempengaruhi jantung. Ada lebih dari 30 jenis cacat jantung, dimana secara sederhana dapat digolongkan dua jenis utama penyakit jantung bawaan yaitu penyakit jantung cianosis (biru pada kulit) dan penyakit jantung acyanotic. Ya, seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa sianosis/cianosis terjadi akibat tidak cukupnya oksigen yang ada dalam darah.

Bayi yang lahir dengan penyakit jantung sianosis utamanya memiliki jari berwarna biru, jari kaki dan bibir sebagai akibat dari kekurangan oksigen. Mereka juga akan mengalami gejala sesak napas, pingsan, dan kelelahan. Pada kasus penyakit jantung bawaan ini, terjadi gangguan distribusi oksigen yang masuk ke darah, sehingga darah akhirnya tidak/sedikit mengandung darah dan darah tersebut dialirkan dalam tubuh sehingga akan terlihat biru.

Bayi lahir dengan penyakit jantung acyanotic mungkin tidak memiliki gejala apapun terlihat jelas tetapi, seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan masalah. Tekanan darah sering abnormal tinggi, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Hal ini dapat melemahkan jantung, dan meningkatkan risiko gagal jantung.

6 dari 1000 kelahiran menderita penyakit jantung bawaan

Bagaimana umumnya penyakit jantung bawaan? penyakit jantung bawaan adalah jenis yang paling umum dari cacat lahir, enam dari setiap 1.000 bayi yang lahir dengan kondisi tersebut. Separuh dari semua bayi yang lahir dengan penyakit jantung bawaan akan memerlukan operasi segera setelah lahir, sedangkan sebagian lainnya mungkin akan memerlukan pembedahan atau obat-obatan selama masa kecil mereka, pada kasus yang lebih parah lagi mereka harus mengkonsumsiobat-obatan tersebut seumur hidup!

penyakit jantung bawaan kadang-kadang bisa berkembang sebagai akibat dari kondisi genetik tertentu, seperti Sindrom Down. Infeksi selama kehamilan, seperti rubella, juga bisa menyebabkan penyakit jantung bawaan.

Prospek untuk penyakit jantung bawaan bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahan cacat jantung. Namun, dalam banyak kasus, prospek cukup baik apalagi jika ditangani secara cepat dan tepat. Karena kemajuan dalam operasi jantung, 85% anak dengan penyakit jantung bawaan akan bertahan hidup sampai dewasa.

Related Posts

  1. Penyakit jantung
  2. Penyakit Jantung Koroner
  3. Ciri Ciri Penyakit Jantung
  4. Gejala Penyakit Jantung
  5. Penyakit Jantung Rematik
  6. Kesehatan Jantung Hindarkan Dari Penyakit Berbahaya

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

juanCR October 30, 2013 at 8:50 am

terimah kasih atas informasinya sangat brmanfaat buat saya. saya senang berkunjung

Reply

tips kesehatan November 3, 2012 at 3:49 pm

kasian bagi orang-orang yang mengalami penyakit jantung bawaan ini..

Reply

annita May 16, 2012 at 4:22 pm

saya memiliki seorang anak laki-laki yang berumur 2 bulan dan sekarang sudah meninggal. semenjak dilahirkan anak saya menderita penyakit jantung bawaan.kataa dokter dinding/klep jantung anak saya bocor sebesar 10 mm.sebenarnya apa yang menjadi penyebab penyakkit jantung pada anak saya?dan bagaimana cara mengatasinya?

Reply

KLIK DISINI obat jantung bocor May 3, 2011 at 12:46 pm

Nice info nih…….

Reply

Leave a Comment