Penyebab Penyakit Lupus

Penyebab Penyakit Lupus

Penyebab penyakit lupus yang sebenarnya hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Tidak ada terapi obat yang pasti untuk mengobati penyakit lupus, seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya sehingga pengobatan yang dilakukan hanya untuk mengurangi gejala. Kabar baiknya dalam banyak kasus penyakit lupus dapat dikelola baik oleh dokter. Penyakit lupus kadang-kadang merupakan penyakit yang berasal dari keluarga, sehingga dikatakan penyebab penyakit lupus disebabkan oleh genetik yang turun temurun.

Pemicu gejala penyakit lupus

Gejala pada beberapa orang dapat dipicu oleh beberapa faktor dibawah ini:

Penyebab Penyakit Lupus
Penyebab Penyakit Lupus
  • lingkungan
  • paparan sinar matahari
  • stres
  • obat-obatan tertentu

Orang lain yang memiliki latar belakang genetik yang sama mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala penyakit. Jika kita mengikuti perkembangannya, hingga saat ini para peneliti dalam bidang dermatologi masih meneliti lebih lanjut.

Siapapun bisa menderita penyakit lupus, pria maupun wanita, tua ataupun muda. 9 dari 10 orang yang menderita lupus adalah perempuan (ada referensi lain yang mengatakan 8 kali lipat dari pria). Lupus paling sering terjadi pada wanita berusia antara 15-44 tahun. Para ilmuwan memperkirakan hormon wanita mungkin ada hubungannya dengan penyebab penyakit lupus. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan laki-laki dan orang tua juga bisa menderita.

Epidemiologi penyakit lupus

Dari segi epidemiologi, Afrika cenderung untuk terdiagnosis lupus pada usia yang lebih muda dan memiliki gejala yang lebih mudah di diagnosa. Mereka juga cenderung memiliki penyakit yang lebih parah daripada kulit putih bahkan dapat berkembang menjadi kejang, penyakit jantung dan stroke. Untuk anak-anak di bawah usia 15 tahun memiliki lupus mungkin akan memiliki masalah jantung, hati, atau kulit yang disebabkan oleh lupus (kecuali pada bayi yang baru lahir termasuk jika ibunya mengidap penyakit lupus). Dengan perawatan yang baik, sebagian besar wanita dengan lupus dapat memiliki kehamilan normal dan bayi yang sehat. Penyebab penyakit lupus memang masih dalam penelitian para ahli, namun kita dapat mengenali gejala-gejala penyakit lupus apalagi jika dengan konsultasi kepada dokter dan pemeriksaan atau tes-tes yang bisa menunjang.

Penyebab Penyakit Lupus