Tips menurunkan kolesterol dengan cepat

Kolesterol tinggi merupakan cerminan dari pola makan dan pola hidup yang kurang sehat. Kolesterol juga sering diidentikan dengan sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Namun begitu, anggapan tersebut belum tentu benar sepenuhnya, karena tetap saja tubuh memerlukan kolesterol, yaitu kolesterol baik. Dan ada juga jenis kolesterol lain yang tidak baik bagi tubuh yaitu kolesterol jahat.

Karena kolesterol jahat yang sering didengar, maka image kolesterol sudah “berbahaya” di masyarakat. Padahal seperti yang sudah kami singgung pada paragraf di atas bahwa tubuh juga tetap membutuhkan kolesterol, yaitu kolesterol baik. Berbeda dengan jenis kolesterol baik, jenis kolesterol jahat jika jumlahnya banyak, tentu akan berpengaruh kepada kondisi kesehatan seseorang.

Karena banyak dari penyakit yang berbahaya seperti hipertensi, stroke, serta jantung koroner dipicu oleh kolesterol jahat. Maka dari itu, sudah selayaknya untuk menghindari makanan yang dapat memicu meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh dan lebih memprioritaskan makanan sehat dan bernutrisi seperti sayuran dan buah-buahan.

Tips menurunkan kolesterol dengan mengontrol makanan

Beberapa makanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tentu saja selain itu juga harus menjaga pola hidup agar lebih baik. Dan berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cepat, diantaranya:

  • Tomat. Selain rasanya yang enak, tomat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh karena terdapat senyawa likopen yang berfungsi untuk mencegah stroke dan serangan jantung. Tomat bisa dikonsumsi langsung atau bisa juga dibuat jus dan campuran makanan. Kolesterol jahat dalam tubuh dapat berkurang jika rutin konsumsi tomat minimal 50 gram setiap harinya.
  • Buah delima. Kandungan antioksidan pada buah delima dapat menjadi alternatif untuk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan antioksidan pada buah delima adalah Polifenol. Risiko penyakit jantung dapat diminimalisir dengan bantuan buah ini. Membeli jus dalam kemasan juga baik, namun alangkah lebih baiknya jika membuat sendiri jusnya tanpa campuran gula tambahan.
  • Alpukat. Kandungan lemak tak jenuh yang terkandung pada buah ini sangat baik untuk tubuh. Alpukat juga mengandung pitosterol. Selain itu, alpukat juga mengandung serat makanan, vitamin C, vitamin K dan juga potassium. Nah, semua kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Disamping rasanya enak, juga sangat bermanfaat!
  • Kacang almond. Kacang ini juga tak kalah baiknya dalam membantu menurunkan kadar kolesterol, karena kacang almond mengandung lemak tak jenuh yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Lemak tak jenuh dalam kacang almond membantu kolesterol jahat menjadi lebih terurai.
  • Jus jeruk. Inovasi terus tercipta, dan kini pembuat jus jeruk dalam kemasan telah melakukan produksi jus jeruk dengan kolesterol yang disebut dengan Fitosterol yang juga merupakan jenis kolesterol yang dapat membantu menghambat kolesterol jahat. Jus jeruk baik dikonsumsi, disarankan 2 gelas sehari.
  • Minyak zaitun. Antioksidan dan juga lemak tak jenuh dalam minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk penggunaannya dapat dicampurkan ke masakan atau gunakan sesuai selera, disarankan 2 sendok makan setiap hari (sekitar 23 gram). Namun perlu diingat bahwa penggunaannya jangan berlebihan.

Cara cepat menurunkan kolesterol dengan berolahraga

Kolesterol juga dapat diturunkan tidak hanya dengan makanan saja, kolesterol juga dapat diturunkan dengan berolahraga. Untuk dapat menurunkan kolesterol tentu harus melakukan olahraga dengan rutin disertai aktivitas fisik yang aktif. Jenis olahraganya juga tidak harus jenis olahraga yang berat, namun dapat diawali dengan olahraga ringan dan sederhana jalan santai, jogging, bersepeda, renang atau olahraga lain yang Anda sukai.

Rutin dan konsisten dalam olahraga ini sangat penting, karena menyangkut kepada tingkat keberhasilan serta efektivitasnya. Berkonsultasi ke dokter sebelum olahraga dan meminta saran dari dokter, jenis olahraga apa yang baik Anda jalankan. Hal itu tentu baik untuk Anda.

Berbicara perihal hasil, tentu setiap orang akan berbeda. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi seperti faktor jenis kelamin, berat badan, usia, genetika, dll. Nah, semua faktor tersebut mempengaruhi hasilnya. Benefit lain yang akan didapatkan dari olahraga selain dapat menurunkan kolesterol adalah membuat tubuh menjadi lebih fit, mencegah berbagai macam penyakit, dll.

Berapa lama olahraga yang direkomendasikan dalam sehari? Mengacu kepada rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan bahwa sehari minimal Anda harus melakukan olahraga selama 30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun begitu, waktu minimal 30 menit bukan menjadi kaharusan, jika Anda merasa keberatan, Anda dapat melakukan olahraga yang lebih singkat sesuai kemampuan.

Sekian dari kami. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Salam sehat!
Tim Kesehatan123.com.